ANALISIS PENERBITAN EFEK SYARIAH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FENOMENA UNDERPRICING SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PERUSAHAAN DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2008-2012

MUSTHOFA MUHRIZ (2014) ANALISIS PENERBITAN EFEK SYARIAH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FENOMENA UNDERPRICING SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PERUSAHAAN DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2008-2012. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Underpricing adalah suatu fenomena yang sering terjadi dalam initial public
ofjering (IPO) dimana untuk pertama kalinya perusahaan menjual sahamnya
kepada masyarakat investor dalam pasar sekunder. Underpricing adalah suatu
kejadian dimana harga saham yang dijual pada pasar perdana nilainya lebih
rendah dibandingkan pada penutupan hari pertama dipasar sekunder. Penelitian ini
menggunakan sampel perusahaan-perusahaan dalam Daftar Efek Syariah (DES)
yang melakukan IPO pada rentang waktu 2008-2012. Dengan variabel dependen
yaitu underpricing, dan variabel independen meliputi ukuran perusahaan, reputasi
underwriter, reputasi auditor, Debt to Eguity Ratio (DER) dan Return On Asset
(ROA). Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling
menghasilkan 38 perusahaan sebagai sampel. Model regresi berganda digunakan
untuk menguji hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa hanya variabel reputasi
underwriter yang berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing dengan
arah koefisien negatif. Sedangkan variabel ukuran perusahaan, reputasi auditor,
Debt to Eguity Ratio (DER) dan Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap underpricing.

Kata kunci : Underpricing, Initial Public Offering (IPO), Ukuran Perusahaan,

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2022 03:18
Last Modified: 23 Apr 2022 03:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30852

Actions (login required)

View Item
View Item