NOVIE NURBETI (2010) KORELASI PEMAHAMAN TENTANG INFORMED CONSENT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI BANGSAL RAWAT INAP AHMAD DAHLAN RSU MUHAMMADIYAH SRUWENG. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (209kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (676kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (980kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (285kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (516kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Pasien mempunyai hak mutlak atas tubuh dan nyawanya oleh karena
itu keputusan tentang perawatan dan pengobatan pasien yang didasarkan atas
hasil informasi kesehatannya dari dokter dan perawat supaya mereka paham,
berada di tangan pasien sepenuhnya. Proses itu merupakan informed consent
di rumah sakit. Dalam proses informed consent tersebut diperlukan pelayanan
interaksi dokter-pasien yang baik sehingga menimbulkan kepuasan pasien dan
keluarganya. Permasalahan penelitian, belum pernah diadakan penelitian di
RSU PKU Muhamadiyah Sruweng untuk mengevaluasi pemahaman informed
consent terhadap kepuasan pasien dimana proses informed consent telah
berjalan dengan baik di rumah sakit ini,
Penelitian ini ingin mengetahui ada tidaknya korelasi antara
pemahaman pasien tentang informed consent terhadap kepuasan pasien di
Bangsal Rawat Inap Ahmad Dahlan RSU PKU Muhammadiyah Sruweng.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, Data
penelitian ini menggunakan data primer yang langsung diperoleh dari subyek
penelitian, yaitu pemberi consent baik pasien/keluarga pasien rawat inap di
bangsal Ahmad Dahlan bagian Dalam dan Bedah dan data sekunder diperoleh
dari obyek penelitian yaitu lembar informed consent rekam medis.
Variabel Penelitian yang digunakan adalah, pemahaman pasien adalah
tingkat kemampuan menangkap arti atau makna tentang keterangan atau
penjelasan yang berkaitan penyakit yang diderita pasien setelah proses
penandatanganan formulir consent dan kepuasan pasien adalah tingkat
kepuasan pasien yang berkaitan dengan informasi dan penjelasan oleh dokter
maupun perawat tentang perjalanan penyakitnya yang ada dalam proses
informed consent.
Hasil penelitian dari 84 subyek penelitian didapatkan bahwa tingkat
pemahaman pasien untuk 24 pasien atau 28,57 Yo merasa paham sekali, 41
pasien atau 48,81 Yo merasa cukup paham dan 19 pasien atau 22,62 Yo tidak
paham sama sekali. Sedangkan tingkat kepuasan pasien untuk 67 pasien atau
79,76 Yo merasa puas sekali, 14 pasien atau 16,67 Yo merasa cukup puas dan 3
pasien atau 3,57 Yo tidak puas sama sekali. Hasil uji dengan menggunakan
korelasi Pearson didapatkan terdapat hubungan antara pemahaman pasien
tentang informed consent dengan kepuasan pasien dimana r hitung dengan
value 0,391 lebih besar dari r tabel dengan value 0,213 (Jika r hitung » r tabel
maka hipotesis dapat diterima dan berarti ada hubungan). Didapatkan juga
nilai signifikansi 0,000 « 0,05 dengan tingkat kesalahan alpha 5 Y6
menunjukkan ada hubungan signifikansi antara kedua variabel tersebut.
Kata kunci : informed consent, kepuasan pasien, kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 23 Apr 2022 04:12 |
Last Modified: | 23 Apr 2022 04:12 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30864 |