NUR ASIYAH (2008) KORELASI ANTARA POLA ASUH MUSYRIFAH DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN SISWI KELAS 1 MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (179kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (251kB)
BAB I.pdf
Download (5MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (525kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (491kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pola asuh yang
sudah diterapkan oleh musyrifah kepada siswi yang tak lain musyrifah bukanlah
siapa-siapa siswi (keluarga) dan mengetahui sejauh mana tingkat kemandirian
siswi serta ada tidahnya korelasi antara pola asuh musyrifah dengan tingkat
kemandirian siswi kelas 1 Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Pendidikan Islam yaitu Madrasah
Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan
psikologis. Adapun sampel dari penelitian ini sebanyak 25Y4 dari 185 siswi yaitu
46 siswi yang ditentukan secara random sampling. Data dikumpulkan dengan
menggunakan angket sebagai instrumen inti dan wawancara serta observasi
sebagai pendukung. Data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif dengan model korelasional searah.
Hasil analisis deskriptif kuantitatif mengetahui bahwa pola asuh yang
dominan diterapkan oleh musyrifah adalah pola asuh otoritatif (authoritative),
akan tetapi tidak menutup kemungkinan pola asuh yang lain juga diterapkan disini
dengan melihat situasi dan kondisi siswi. Sedangkan tingkat kemandirian siswi
tidak hanya dipengaruhi dari pola asuh yang diterapkan melainkan terdapat faktor
lain seperti lingkungan, pola asuh orang tua, kesadaran siswi akan kemandirian
dan kegiatan-kegiatan dari program madrasah maupun asrama.
Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat korelasi yang positif tetapi
korelasi yang rendah atau lemah. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi
sebesar 0,33, dengan menggunakan tabel nilai “r” : df dengan memeriksa r
product moment maka df adalah 44 pada taraf 5Yo diperoleh 0,297 sedangkan 146
diperoleh 0,384. Dengan membandingkan antara besar rxy atau ro dengan rt, maka
dapat di simpulkan ternyata ro lebih besar dari ri pada taraf signifikan 5Y9 dan ro
lebih kecil dari rr pada taraf signifikan 1Ys. Maka hipotesis Alternatif (Ha)
diterima dan Hinotesis Nihil ditolak (Ho? pada taraf sonifikan 30
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 23 Apr 2022 04:25 |
Last Modified: | 23 Apr 2022 04:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30866 |