PURWANTI (2010) METODE MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB N I WONOSARI. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
![]() |
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
![]() |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan
dalam pembelajaran menghafal surat-surat pendek pada siswa Tunagrahita ringan
di SLB N I Wonosari,Gunungkidul.
Penelitian ini dilakukan di SLB N I Wonosari Gunungkidul dengan
metode diskritif data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan Kepala
sekolah,guru dan anak-anak.juga dengan pengamatan dalam proses pembelajaran
menghafal surat-surat pendek di SLB N 1 Wonosari:
IlMembaca dengan kaidah ilmu tajwid dalam bacaan Al-Our'an,2 Dapat
menghafal sura-surat pendek,3.Dapat mengamalkan ajaran agama Islam sesui Al-
ur'an dan hadist,Penulis juga mengamati pelaksanaan kegiatan shalat dan
berdoa.Selain itu juga mengamati perilaku bergaul dengan guru,orang tua dan
teman di sekolah.
Hasil Analisis deskritif mengungkapkan bahwa penerapan metode
dalam menghafal surat-surat pendek di SLBN 1 Wonosari Gunungkidul dilakukan
dengan kegiataan pembiasaan praktik langsung yaitu membaca terlebih dahulu
secara berulang-ulang baru dihafal.Guru lebih banyak menggunakan metode
meniru atau drill guru menghafal terlebih dahulu kemudian anak-anak untuk
menirukan Sehingga dengan metode tersebut anak-anak mengalami perubahan
dari cara membaca Al-Our'an,menulis dan menghafal hingga beberapa surat.
Sehingga Penerapan metode menghafal surat-surat pendek di SLB N I
Wonosari berjalan dengan baik dengan hasil yang baik dan didukung oleh guru
yang menggunakan metode bervariasi dan kesadaran orang tua siswadalam
membantu dan memperhatikan pendidikan agama pada anak yang membutuhkan
Dosen Pembimbing: | Drs. Yusuf A Hasan, M.Ag. | NIDN0526025901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 23 Apr 2022 06:26 |
Last Modified: | 23 Apr 2022 06:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |