Eko Febianto Rhomadon (2021) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH KITABAH UNTUK MAHASISWA SEMESTER II DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (324kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Bab I.pdf
Download (677kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (647kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (787kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (704kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Eko febianto, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mahasiswa PBA semester III Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, mana yang lebih unggul antara yang berasal dari Pondok pesantren atau Non pondok pesantren dan untuk mengetahui pengaruh latar belakang Pendidikan terhadap hasil belajar Pendidikan Bahasa Arab ( PBA ) pada mahasiswa semester III di Universitas Muhamadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PBA semester III Universitas Muhamadiyah Yogyakarta yang terdiri dari 46 mahasiswa.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan naratif mendeskripsikan seluruh kejadian selama dilakukan tindakan dan analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase yang menunjukan pemahaman dan perkembangan hasil belajar mahasiswa.Hasil penelitian telah diperoleh, hasil belajar Bahasa Arab mahasiswa PBA semester III di Universitas Muhamadiyah Yogyakarta yang tertinggi ( nilai rata-rata ) mahasiswa dari pondok pesantren sebesar 87,47 dan yang menempati peringkat paling bawah adalah dengan nilai 31,93 dari latar belakang Pondok pesantren, sedangkan yang berlatar belakang Non pondok yaitu dari SMA nilai tertinggi sebesar 86, 87 dan nilai terendah 83,73.
Pada analisis data yang telah diperoleh dengan menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh koefisien korelasi antara latar belakang Pendidikan mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa ( rxy) sebesar 0, 582 selanjutnya hasil tersebut dikonsultasikan dengan r tabel product moment N = 46 dalam taraf signifikan diperoleh 0, 291, hasil penelitian menunjukkan bahwa rh 0, 582 > 0, 291 yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada hubungan atau pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar mahasiswa PBA semester III Universitas Muhamdiyah Yogyakarta. Maka dari itu dapat dikatakan Mahasiswa yang berasal dari latar belakang pendidikan Non pondok bisa mengimbangi hasil belajar dari mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 03:05 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 03:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3089 |