DAYA SERAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI JATEN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

SUTIYEM (2009) DAYA SERAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI JATEN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan strategi apa yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama
Islam dalam pencapaian target dan daya serap kurikulum serta apa yang menjai faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, subyek penelitiannya
adalah Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Guru Pendidikan Agama Islam, Siswa Kelas II
SD Negeri Jaten Kabupaten Sleman. Teknik penelitiannya menggunakan teknik purpose
sampling.

Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara (interview), observasi, tes
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Jaten dalam pembinaan sholat ditempuh dengan 3
cara yaitu melalui kegiatan intrakurikuler, ko kurikuler dan ekstrakurikuler.

Adapun bentuk-bentuk pembinaan ibadah sholat yaitu sebelum pelajaran
Pendidikan Agama Islam dimulai siswa diajak menghafal surat-surat pendek atau bacaan-
bacaan sholat.

Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pembelajaran ibadah sholat di kelas II SD
Negeri Jaten menunjukkan hasil yang cukup baik, mengenai nilai kognitif, afektif, dan
psikomotorik. Hal ini ditunjukkan ketika diberi tes tertulis maupun tes perbuatan, ternyata

cicwa meninokat nencetahiannya mencenai cerakan chalat Mmatiriim bacaan shalatnya

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:41
Last Modified: 25 Apr 2022 02:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30914

Actions (login required)

View Item
View Item