PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERAWATAN TALI PUSAT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU BAYI BARU LAHIR YANG DIRAWAT DI BANGSAL SAKINAH RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

ENI EVIANI (2012) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERAWATAN TALI PUSAT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU BAYI BARU LAHIR YANG DIRAWAT DI BANGSAL SAKINAH RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)

Abstract

Eni Eviani Tube (2012). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan tali pusat terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan ibu bayi baru lahir yang dirawat dibangsal sakinah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Pembimbing: Rahmah S.kep,Ns,M.Kep.,Sp.KepAn Siti Arifah S.Kep. Ns INTISARI
Thu bayi baru lahir seharusnya mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam perawatan pada bayi baru lahir, sehingga tidak terjadi peningkatan kematian pada bayi baru lahir, misalnya mengetahui cara memandikan, merawat tali pusat dan mene,kaji kondisi umum bayi. Seorang perawat bisa memberikan informasi yang dapat diberikan pada asuhan keperawatan sejak ibu bayi baru lahir berada diinstasi kesehatan salah satunya melalui pendidikan kesehatan tentang perawatan tali pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan tali pusat terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan ibu bayi baru lahir yang dirawat dibangsal sakinah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan desain quasy exsperiment dengan rancangan One Grup Pretest-Postest melalui pendekatan cross sectional. Populasi yang diambil dan Ibu Bayi baru Lahir yang diberada di PKU Muhammadiyah Yogyakarta rata-rata dalam sebulan 60 ibu bayi ham lahir pada bulan maret. Sampel dalam penelitian ini dipilih mengunakan purposive sampling Salah satunya yaitu dengan judgment sampling. Dengan jumlah 30 sampel sesuai kriteria Inklusi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan check list.
Hasil penelitian untuk hasil penelitian sebelum diberikan pendidikan kesehatan untuk prosentase pretest tingkat pengetahuan masuk kategori kurang dengan prosentase 56%, Setelah diberikan pendidikan kesehatan maka tingkat pengetahuan meningkat dengan prosentase 73.3 % masuk kategori baik. sebelum diberikan pendidikan kesehatan untuk prosentase pretest keterampilan masuk kategori kurang dengan prosentase 66.7%. Setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan tali pusat maka keterampilan ibu bayi barn lahir menjadi berubah dengan prosentase 66.7% masuk kategori baik, Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat huhungan yang sangat bermakna antara pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan tali pusat terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan ibu bayi barn lahir.
leaf* 4nnri Tirsuirnt t%PrI a gz• ta hu an clan kpteramnilan nerawatan tali nusat. Pendidikan kesehatan

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:39
Last Modified: 25 Apr 2022 07:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30947

Actions (login required)

View Item
View Item