PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SD BUNGKUS PARANGTRITIS KRETEK BANTUL

SUDARDI (2009) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SD BUNGKUS PARANGTRITIS KRETEK BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFATR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peran guru pendidikan agama
Islam dam pembinaan akhlak siswa SD Bungkus.
Subyek penelitian ini adal& guru pendidikan agama Islam. Alat pengumpul data adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis &ta deskriptif
analitik.
Berdasarkan hasil penelitian xrta analisis data, terungkap bahwa peran dan tugas Gum Penédikan
Agama Islam dalam mengoptlmfllkan membina akhlak slswa di sekolah: memotivasi, memfasilitasi,
membimbing pembinaan disiplin ibadah. Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan. Mengkoordinasi
lomba- lomba.Terllibat langsung &lam kegiatan, pergaulan &n pengalaman. Mengajak siswa bcrtakzi&
Mengkoordinasi kegiatan siswa. Mem&rikan motivasi kegiatan pnmuka. Mengingatkan siswa untuk selalu
membantu teman yang mengalnmi kesulitan. Pendekatan yang digunakan: pendekatan pengalaman,
pembiasaan, emosional, rasional, fungsional, dan hukuman. Norma-norma yang diperlukan
a&lahp:ratuian sekolah, keteladanan, p:mbiasaan.

Faktor pendukungnya, kepala sekolah, dewan guru dan tenaga keja lainnya, orang tua/wali siswa,
masyarakat, sarana yang fungsional. Faktor penghambatnya éri anak sendiri, lingkungan keluarga
yang kurang baik,

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2022 01:32
Last Modified: 27 Apr 2022 01:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30995

Actions (login required)

View Item
View Item