MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

YA'SIN PURNOMO (2012) MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa
terhadap mata pelajaran PAI dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat
minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI di MIN Ponjong Gunungkidul. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran,
untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap mata pelajaran, dan untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat minat belajar siswa terhadap
pelajaran PAI di MIN Ponjong.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang
bersifat kualitatif. Setting penelitian ini adalah kelas IV, V, dan VI MIN Ponjong
Gunungkidul. Pengambilan data dengan Obervasi, angket, interview, dan
dokumentasi.Proses penyajian data dilakukan dengan menggunakan pendekatan
deskriptif-naturalistik, yakni memaparkan berbagai kondisi obyektif yang
ditemukan dilapangan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan
pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN Ponjong

Setelah dilakukan penelitian terhadap sampel yang diambil menunjukkan:
1) Pembelajaran PAI sudah memenuhi kriteria rencana pembelajaran yang baik,
karena sudah memenuhi syarat-syarat sebagai rencana pembelajaran yang baik
diantaranya terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok,
pengalaman belajar, indikator pencapaian, jenis soal, bentuk soal, soal, alokasi
waktu, sumber bahan, dapat dilaksanakan dan mudah dimengerti atau
dilaksanakan. 2) Minat siswa dalam pelajaran PAI di MIN Ponjong Gunungkidul
adalah sangat baik yaitu 83,2296. 3). Faktor pendukung minat melajar siswa di
MIN Ponjong Gunungkidul adalah adanya pendidik yang telah berpengalaman
dala mendidik siswa, adanya sarana dan prasarana yang memadai, dan proses
KBM yang interaktif antara siswa dan guru. Faktor penghambat minat belajar
siswa di MIN Ponjong adalah kurangnya peran orang tua dalam pemantauan
belajar anak di rumah dan kurangnya pemberian tugas yang berkaitan dengan
kegiatan amaliah (social kemasyarakatan).

Kata kunci : minat, belajar, PAI

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:00
Last Modified: 27 Apr 2022 02:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31002

Actions (login required)

View Item
View Item