THE CORRELATION BETWEEN SELF-ESTEEM AND SPEAKING SKILL ACHIEVEMENT OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS BATCH 2020

ISTI HERVINA YUNIAR (2022) THE CORRELATION BETWEEN SELF-ESTEEM AND SPEAKING SKILL ACHIEVEMENT OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS BATCH 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

BEBERAPA MAHASISWA MEMILIKI MASALAH KETIKA MEREKA BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS SEPERTI TIDAK PERCAYA DIRI PADA KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MEREKA DAN KHAWATIR TENTANG PENILAIAN ORANG LAIN. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PENGHARGAAN DIRI (SELF-ESTEEM) MAHASISWA, PENCAPAIAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA, DAN UNTUK MENGETAHUI HUBUNGAN ANTARA PENGHARGAAN DIRI (SELF-ESTEEM) DENGAN PENCAPAIAN KETERAMPILAN BERBICARA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF DENGAN DESAIN KORELASI. SAMPEL DALAM PENELITIAN INI ADALAH 108 MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ANGKATAN 2020. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN DUA INSTRUMEN PENELITIAN YAITU ANGKET DAN DOKUMEN SKOR. HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKKAN BAHWA MAHASISWA MEMILIKI TINGKAT SELF-ESTEEM SEDANG, DENGAN SKOR RATA-RATA 2,82. SELAIN ITU, MAHASISWA MEMILIKI PENCAPAIAN KETERAMPILAN BERBICARA YANG BAIK YANG DITUNJUKKAN DENGAN NILAI RATA-RATA 51 DARI 70 SEBAGAI NILAI MAKSIMAL. HASIL NILAI SIGNIFIKANSINYA ADALAH 0,042. KARENA NILAI SIGNIFIKANSINYA LEBIH KECIL DARI 0,05, MAKA SELF-ESTEEM DAN PRESTASI KETERAMPILAN BERBICARA SALING BERHUBUNGAN, SEHINGGA HIPOTESIS ALTERNATIF DITERIMA DALAM PENELITIAN INI. KOEFISIEN KORELASINYA ADALAH SEBESAR 0,196, MENUNJUKKAN DERAJAT KORELASI YANG SANGAT RENDAH. KESIMPULAN DARI PENELITIAN INI ADALAH TERDAPAT HUBUNGAN POSITIF YANG SANGAT RENDAH ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN PENCAPAIAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ANGKATAN 2020. BERDASARKAN HASIL PENELITIAN TERSEBUT, MAHASISWA DISARANKAN UNTUK LEBIH PERCAYA DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MEREKA DAN LEBIH BANYAK BERLATIH BERBICARA. SELAIN ITU, GURU JUGA HARUS MENGEMBANGKAN SUASANA BELAJAR YANG DAPAT MENINGKATKAN SELF-ESTEEM MAHASISWA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CORRELATION, SELF-ESTEEM, SPEAKING SKILLS, FOREIGN LANGUAGE LEARNING
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:33
Last Modified: 02 Jun 2022 02:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31031

Actions (login required)

View Item
View Item