ISTI HERVINA YUNIAR (2022) THE CORRELATION BETWEEN SELF-ESTEEM AND SPEAKING SKILL ACHIEVEMENT OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS BATCH 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (235kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab I.pdf
Download (124kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (925kB)
Abstract
BEBERAPA MAHASISWA MEMILIKI MASALAH KETIKA MEREKA BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS SEPERTI TIDAK PERCAYA DIRI PADA KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MEREKA DAN KHAWATIR TENTANG PENILAIAN ORANG LAIN. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PENGHARGAAN DIRI (SELF-ESTEEM) MAHASISWA, PENCAPAIAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA, DAN UNTUK MENGETAHUI HUBUNGAN ANTARA PENGHARGAAN DIRI (SELF-ESTEEM) DENGAN PENCAPAIAN KETERAMPILAN BERBICARA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF DENGAN DESAIN KORELASI. SAMPEL DALAM PENELITIAN INI ADALAH 108 MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ANGKATAN 2020. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN DUA INSTRUMEN PENELITIAN YAITU ANGKET DAN DOKUMEN SKOR. HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKKAN BAHWA MAHASISWA MEMILIKI TINGKAT SELF-ESTEEM SEDANG, DENGAN SKOR RATA-RATA 2,82. SELAIN ITU, MAHASISWA MEMILIKI PENCAPAIAN KETERAMPILAN BERBICARA YANG BAIK YANG DITUNJUKKAN DENGAN NILAI RATA-RATA 51 DARI 70 SEBAGAI NILAI MAKSIMAL. HASIL NILAI SIGNIFIKANSINYA ADALAH 0,042. KARENA NILAI SIGNIFIKANSINYA LEBIH KECIL DARI 0,05, MAKA SELF-ESTEEM DAN PRESTASI KETERAMPILAN BERBICARA SALING BERHUBUNGAN, SEHINGGA HIPOTESIS ALTERNATIF DITERIMA DALAM PENELITIAN INI. KOEFISIEN KORELASINYA ADALAH SEBESAR 0,196, MENUNJUKKAN DERAJAT KORELASI YANG SANGAT RENDAH. KESIMPULAN DARI PENELITIAN INI ADALAH TERDAPAT HUBUNGAN POSITIF YANG SANGAT RENDAH ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN PENCAPAIAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ANGKATAN 2020. BERDASARKAN HASIL PENELITIAN TERSEBUT, MAHASISWA DISARANKAN UNTUK LEBIH PERCAYA DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MEREKA DAN LEBIH BANYAK BERLATIH BERBICARA. SELAIN ITU, GURU JUGA HARUS MENGEMBANGKAN SUASANA BELAJAR YANG DAPAT MENINGKATKAN SELF-ESTEEM MAHASISWA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CORRELATION, SELF-ESTEEM, SPEAKING SKILLS, FOREIGN LANGUAGE LEARNING |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 02:33 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 02:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31031 |