Students’ Preferred Learning Styles at One of the Private Universities in Yogyakarta

DIAN BELINDA (2022) Students’ Preferred Learning Styles at One of the Private Universities in Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (999kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

GAYA BELAJAR DAPAT BERPERAN PENTING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN DAPAT MEMBANTU SISWA DALAM KEMAMPUAN AKADEMIKNYA. GAYA BELAJAR SETIAP SISWA DAPAT BERBEDA BERDASARKAN PREFERENSI SISWA ITU SENDIRI SEPERTI VISUAL, AURAL, BACA/TULIS, DAN KINESTETIK (VARK). TUJUAN DARI PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGUJI PREFERENSI GAYA BELAJAR SISWA DAN PERBEDAAN GENDER. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF DAN MENGGUNAKAN KUESIONER VARK UNTUK MENGUMPULKAN DATA. PENELITIAN INI DILAKUKAN DI SALAH SATU PERGURUAN TINGGI SWASTA DI YOGYAKARTA. RESPONDEN DALAM PENELITIAN INI ADALAH MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS (ELED) DENGAN JUMLAH 165 MAHASISWA (53 LAKI-LAKI DAN 112 PEREMPUAN). GAYA BELAJAR YANG DISUKAI SISWA ADALAH AURAL (32,7%), DIIKUTI OLEH KINESTETIK (27,6%), KETIGA VISUAL (20,1%) DAN GAYA BELAJAR YANG PALING TIDAK DISUKAI ADALAH MEMBACA/MENULIS (19,4%) . DARI HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN TIDAK ADA PERBEDAAN ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN. GAYA BELAJAR YANG DISUKAI LAKI-LAKI ADALAH AURAL (30,8%), KINESTETIK (28,7%), VISUAL (21,2%) DAN YANG TERAKHIR BACA/TULIS (19,2%). GAYA BELAJAR YANG DISUKAI PEREMPUAN ADALAH AURAL (33,6%), KINESTETIK (27,1%), VISUAL (19,6%) DAN BACA/TULIS (19,5%). KESIMPULANNYA ADALAH PREFERENSI GAYA BELAJAR SISWA ADALAH AURAL (32%). NAMUN JIKA DILIHAT DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN, TIDAK TERDAPAT PERBEDAAN YANG SIGNIFIKAN YAITU MEMILIKI URUTAN GAYA BELAJAR YANG PALING DISUKAI DAN PALING TIDAK DISUKAI SAMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LEARNING STYLE, VARK, GENDER, ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:20
Last Modified: 07 Jun 2022 02:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31081

Actions (login required)

View Item
View Item