BERLIA YOLANA ARSYAH PUTRI (2022) THE IMPLEMENTATION OF DUOLINGO AS AN AUTONOMOUS LANGUAGE LEARNING PLATFORM AMONG THE INDONESIAN POLYGLOT IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (407kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Bab I.pdf
Download (288kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (504kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (367kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (345kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
REVOLUSI DIGITAL TELAH MEMBERIKAN DAMPAK YANG SIGNIFIKAN PADA BIDANG PENDIDIKAN. BERBAGAI APLIKASI YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERBAHASA PESERTA DIDIK, TELAH TERSEDIA BAGI PESERTA DIDIK, SALAH SATUNYA ADALAH DUOLINGO. DUOLINGO ADALAH SALAH SATU APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS GAMIFIKASI YANG DISEDIAKAN UNTUK PELAJAR. SAAT INI, DUOLINGO TELAH MENJADI APLIKASI PALING POPULER DI KALANGAN PECINTA BAHASA DAN ORANG-ORANG YANG MAMPU BERBICARA DALAM BANYAK BAHASA ATAU DIKENAL DENGAN ISTILAH POLIGLOT. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGEKSPLORASI JENIS FITUR LATIHAN DALAM PRAKTIK DI DUOLINGO YANG BERMANFAAT BAGI POLIGLOT INDONESIA DALAM BELAJAR BAHASA DAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN POLIGLOT INI UNTUK MENGUASAI BAHASA MENGGUNAKAN DUOLINGO SEBAGAI PLATFORM PEMBELAJARAN BAHASA. DENGAN MENGGUNAKAN DESAIN PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF, PENELITIAN INI MENGUMPULKAN DATA DARI LIMA PARTISIPAN POLIGLOT INDONESIA DI YOGYAKARTA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN WAWANCARA INDIVIDU SEBAGAI METODE PENGUMPULAN DATA. TEMUAN MENGUNGKAPKAN BAHWA BERDASARKAN WAWANCARA, SEMUA JENIS FITUR LATIHAN DALAM PRAKTIK DI DUOLINGO DAPAT MEMBANTU MENINGKATKAN PENGETAHUAN KOSAKATA PENGGUNA, PENGETAHUAN TATA BAHASA DAN JUGA PENGUCAPAN, JENIS LATIHANNYA ADALAH LATIHAN TERJEMAHAN, LATIHAN MENCOCOKKAN, LATIHAN BERPASANGAN, LATIHAN MENDENGARKAN, DAN LATIHAN BERBICARA. SELANJUTNYA BERDASARKAN DATA WAWANCARA, DITEMUKAN BAHWA PESERTA PALING BANYAK MENGGUNAKAN LIMA JENIS STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MENGGUNAKAN DUOLINGO YAITU STRATEGI KOGNITIF YANG DIGUNAKAN PESERTA MELAKUKAN SELF-TESTING DAN VISUALISASI MELALUI GAMBAR. STRATEGI MENGHAFAL YANG DIGUNAKAN PESERTA ADALAH MENGULANG LATIHAN. STRATEGI KOMPENSASI YANG DIGUNAKAN OLEH PESERTA DIFOKUSKAN PADA KOSAKATA. STRATEGI AFEKTIF YANG DIGUNAKAN PARA PESERTA TERMOTIVASI UNTUK BELAJAR BAHASA BARU DARI DIRI MEREKA SENDIRI DAN MASIH MELIHAT DARI PLATFORM LAIN SECARA MANDIRI. STRATEGI METAKOGNITIF YANG DIGUNAKAN OLEH PESERTA ADALAH MENGINGATKAN UNTUK BELAJAR DAN MENDISIPLINKAN DIRI UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN OLEH PESERTA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LANGUAGE-LEARNING, DUOLINGO, POLYGLOTS, LEARNING STRATEGIES |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 27 May 2022 03:29 |
Last Modified: | 27 May 2022 03:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31162 |