THE ROLE OF ASEAN IN FACING THE FOURTH INDUSTRIAL REVOLUTION (CASE STUDY: EDUCATION DISPARITY BETWEEN SINGAPORE AND INDONESIA)

WENING NOOR AIDA RAHMAWATI (2022) THE ROLE OF ASEAN IN FACING THE FOURTH INDUSTRIAL REVOLUTION (CASE STUDY: EDUCATION DISPARITY BETWEEN SINGAPORE AND INDONESIA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (822kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DIGITALISASI MERUPAKAN SALAH SATU DAMPAK DARI HADIRNYA INDUSTRI 4.0 YANG TUMBUH SECARA MASIF. HAL INI KEMUDIAN MEMBERIKAN PELUANG KEMUDAHAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN. NAMUN KEMUDIAN DIBARENGI DENGAN ADANYA ANCAMAN YANG MENYASAR PARA PELAKU DI SEKTOR PENDIDIKAN. DALAM PLATFORM DATA DIGITAL MENJELASKAN KETERGANTUNGAN INTERNET DAN MEDIA SOSIAL PADA MASYARAKAT. SECARA SPESIFIK, DATA TERSEBUT JUGA MENJELASKAN BAHWA EMPAT DARI SEPULUH NEGARA ANGGOTA ASEAN TERMASUK DALAM SEPULUH BESAR NEGARA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERTINGGI. INDONESIA SALAH SATUNYA. KEMUDIAN LIHATLAH SINGAPURA, SEBAGAI NEGARA YANG TUMBUH BERSAMA DENGAN INDONESIA SEJAK AWAL TERBENTUKNYA ASEAN, MEMILIKI TINGKAT KECENDERUNGAN YANG CUKUP TINGGI TERHADAP INTERNET JUGA. NAMUN, KITA DAPAT MELIHAT DENGAN JELAS DISPARITAS KONDISI PENDIDIKAN YANG TERJADI DI KEDUA NEGARA TERSEBUT. BAGAIMANA BISA SINGAPURA SEBAGAI NEGARA MAJU MENEMPATI NILAI PISA YANG TINGGI, SEDANGKAN INDONESIA SENDIRI MASIH BERJUANG UNTUK PEMERATAAN PENDIDIKAN. ASEAN, ORGANISASI INTERNASIONAL YANG MEMBAWAHI NEGARA-NEGARA DI KAWASAN ASIA TENGGARA, BERUPAYA MENGURANGI KESENJANGAN ANTAR ANGGOTANYA MELALUI INTEGRASI BERSAMA. TERUTAMA DALAM KASUS ANTARA SINGAPURA DAN INDONESIA. DALAM TULISAN INI, PENULIS AKAN MENJELASKAN PERAN ASEAN DALAM MENGHADAPI DISPARITAS PENDIDIKAN DI KAWASAN DALAM HAL KESIAPAN MENGHADAPI INDUSTRI 4.0. MELALUI PENDEKATAN TEORI ORGANISASI INTERNASIONAL INI, PENULIS MENYIMPULKAN BAHWA PERAN ASEAN DALAM DISPARITAS PENDIDIKAN YANG TERJADI ADALAH MELALUI KEBIJAKAN NORMATIF. DIANTARANYA ADALAH DEKLARASI BERSAMA, KERJASAMA BILATERAL DAN PENYEDIAAN RUANG KOMUNIKASI ANTAR ANGGOTA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ASEAN, EDUCATION, INDUSTRY 4.0, PISA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 20 May 2022 03:34
Last Modified: 20 May 2022 03:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31346

Actions (login required)

View Item
View Item