DWI AGUNG SAMBODO (2022) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (448kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Bab I.pdf
Download (96kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (746kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
TUJUAN DARI PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGETAHUI PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2020/2021. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KUALITATIF DENGAN JENIS PENELITIAN STUDI KASUS. SUBJEK PENELITIAN INI BERJUMLAH TIGA INFORMAN YAITU WAKIL KEPALA KURIKULUM DAN DUA GURU PAI. TEKNIK PENGUMPULAN DATA MENGGUNAKAN WAWANCARA, OBSERVASI, DAN DOKUMENTASI. SEDANGKAN TEKNIK ANALISIS DATA YANG DIGUNAKAN ADALAH REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA DAN PENARIKAN KESIMPULAN. HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKKAN BAHWA PERSEPSI GURU PAI TERHADAP PEMBELAJARAN DARING TERBAGI MENJADI DAMPAK POSITIF DAN DAMPAK NEGATIF. DAMPAK POSITIFNYA YAITU (1) MEMUDAHKAN GURU DALAM MENGAJAR (2) BISA DIJADIKAN MODEL HYBRID LEARNING ATAU BLENDED LEARNING (3) SISWA MENJADI MANDIRI DAN LEBIH MENGENAL TEKNOLOGI. SEDANGKAN DAMPAK NEGATIFNYA YAITU TIMBULNYA RASA KEBOSANAN BAIK ITU DARI SISWA, GURU MAUPUN ORANG TUA. TERDAPAT JUGA KENDALA YANG DIHADAPI SAAT PEMBELAJARAN DARING BERUPA (1) PRESENSI (2) PENGUMPULAN TUGAS (3) PENILAIAN ASPEK SIKAP (4) PEMANTAUAN GURU KEPADA SISWA (5) KEMAMPUAN TEKNOLOGI GURU (6) KAPASITAS WEBSITE PEMBELAJARAN (7) PEMBERIAN MATERI MELALUI E-LEARNING (8) TUGAS YANG DIBERIKAN GURU (9) KURANGNYA DAYA SERAP SISWA TERHADAP ILMU (10) SINYAL INTERNET. HASIL PENELITIAN INI JUGA MENUNJUKKAN UPAYA SEKOLAH DAN GURU PAI DALAM MENGATASI KENDALA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DENGAN CARA (1) MENGADAKAN PELATIHAN (2) MENYEDIAKAN TEMPAT UJIAN (3) MENDENGARKAN MASUKAN DARI SISWA (4) TIDAK MEMBERATKAN SISWA (5) MENGAKRABKAN DIRI DENGAN SISWA (6) MENGKOMUNIKASIKAN DENGAN ORANG TUA ATAU WALI SISWA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN DARING, PAI, PERSEPSI |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 20 May 2022 03:03 |
Last Modified: | 20 May 2022 03:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31436 |