Persepsi Pasien dan Perawat tentang Patient Safety di pelayanan Hemodialisa

Dewi Kusumastuti (2021) Persepsi Pasien dan Perawat tentang Patient Safety di pelayanan Hemodialisa. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

<p>Rumah Sakit perlu diapresiasi terkait keberanian untuk melaporkan insiden keselamatan pasien (IKP), sebagai upaya untuk membangun non-blaming culture. Penelitian terkait patient engagement belum banyak dilakukan, padahal hal ini sangat penting dalam upaya meningkatkan patient safety di rumah sakit. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan wawacara kepada pasien dan perawat di unit HD Rumah Sakit, sehingga dapat membantu dalam menyelesaikan masalah Patient Safety dengan meningkatkan Patient Engagement. Penggambaran perilaku keselamatan pasien secara umum baik, pasien puas dengan pelayanan yang ada di unit HD Rumah Sakit, pada dasarnya perawat juga telah memiliki kesadaran dan tanggung jawab yang cukup untuk memberikan layanan yang aman bagi pasien. Tetapi kegiatan penerapan identifikasi pasien yaitu pemasangan gelang identitas masih kurang, bahkan kesadaran dan rasa tanggung jawab yang sudah ada secara bertahap tidak mampu untuk menerapkan pemasangan gelang identitas. Sehingga masih ada beberapa hal yang dalam implementasinya masih perlu perbaikan. Pemahaman patient safety oleh pasien berbeda dengan pemahaman pateint safety oleh tenaga medis dan WHO.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:16
Last Modified: 16 Sep 2021 02:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

View Item
View Item