IZDIHAR DINAH AMALIA (2022) PENGARUH INTERVENSI EDUKASI DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI PONSEL CERDAS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TERKAIT PENCEGAHAN COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (386kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (108kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE-19 (COVID-19) YANG MEWABAH DI SELURUH BELAHAN DUNIA MEMBERIKAN DAMPAK YANG SIGNIFIKAN DAN MEMPENGARUHI BERBAGAI LINI KEHIDUPAN. PONSEL CERDAS SEBAGAI SALAH SATU ALAT BERBASIS DIGITAL DI ERA PANDEMI INI, DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT PROVINSI DIY DAN MENGANALISIS EFEKTIVITAS PEMBERIAN EDUKASI MELALUI MEDIA APLIKASI EDUCOVID-19 SEBAGAI SALAH SATU CARA MENGHAMBAT PENYEBARAN COVID-19. METODE PADA PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE KUANTITATIF DENGAN RANCANGAN QUASI EXPERIMENTAL. PELAKSANAAN PENELITIAN DI PROVINSI DIY, JUMLAH SAMPEL 140 RESPONDEN, TERBAGI MENJADI 2 KELOMPOK YAITU KONTROL DAN INTERVENSI. KRITERIA INKLUSI DARI SAMPEL PADA PENELITIAN INI ADALAH: BERTEMPAT DI DIY, BERADA PADA RENTANG USIA 19-34 TAHUN, MEMILIKI PONSEL CERDAS, BUKAN MERUPAKAN TENAGA KESEHATAN DAN BERSEDIA MENJADI RESPONDEN DARI AWAL HINGGA AKHIR. SAMPEL DIAMBIL DENGAN METODE QUOTA SAMPLING. PROSES REKRUTMEN DILAKUKAN SECARA DARING DENGAN MEMBAGIKAN GOOGLE FORMULIR KESEDIAAN RESPONDEN, YANG SELANJUTNYA AKAN TERHUBUNG DENGAN GRUP RESPONDEN YANG TERSEDIA. DATA YANG DIPEROLEH AKAN DIANALISIS MENGGUNAKAN SPSS 25.0 MELALUI UJI NON PARAMETRIK MANN-WHITNEY DAN DIPERKUAT DENGAN UJI WILCOXON. HASIL ANALISIS MENUNJUKKAN 73 (52,14%) RESPONDEN BERADA PADA KATEGORI BAIK YANG DIDOMINASI OLEH KELOMPOK INTERVENSI DAN 64 (45,71%) RESPONDEN PADA KATEGORI CUKUP, SEDANGKAN PADA KELOMPOK KONTROL TERDAPAT 3 RESPONDEN DENGAN KATEGORI KURANG. PEROLEHAN NILAI SIGNIFIKANSI 0,001 PADA UJI MANN-WHITNEY, BERARTI BAHWA HIPOTESIS DITERIMA, DIPERKUAT DENGAN UJI WILCOXON YANG MENUNJUKKAN HASIL SIGNIFIKANSI 0,001; ARTINYA NILAI PRE-TEST DAN POST-TEST PADA KELOMPOK INTERVENSI MENUNJUKKAN PERBEDAAN SIGNIFIKAN. KESIMPULAN PENELITIAN INI ADALAH GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN RESPONDEN MAYORITAS TERGOLONG BAIK DAN INTERVENSI EDUKASI DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI EDUCOVID-19 BERPENGARUH TERHADAP KENAIKAN TINGKAT PENGETAHUAN RESPONDEN.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EDUCOVID-19 APPLICATION, COVID-19, KNOWLEDGE, EDUCATION, PREVENTION. |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 May 2022 08:12 |
Last Modified: | 23 May 2022 08:12 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31572 |