RIZKA ADHI SETIA (2022) MODEL KOMUNIKASI DAKWAH MAJELIS TABLIGH PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH DALAM MENSYI'ARKAN AJARAN ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (806kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (490kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
Bab I.pdf
Download (185kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi dakwah Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat model komunikasi dakwah Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam mensyi’arkan ajaran islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Subyek penelitian adalah pengurus Majelis Tabligh, dan ustadz yang aktif mengisi pengajian di Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui tahap pemeriksaan keabsahan data, penelaahan seluruh data yang diperoleh, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam mensyi’arkan ajaran islam dengan menggunakan model komunikasi dakwah tradisional dan modern. Adapun faktor pendukung model komunikasi dakwah Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam mensyi’arkan ajaran islam diantaranya: (1) mempunyai para mubaligh yang mumpuni disetiap bidangnya; (2) adanya sarana prasarana yang memadai; (3) adanya kepercayaan di wilayah-wilayah terhadap mubaligh Muhammadiyah; (4) adanya peningkatan jumlah para mubaligh; (5) mempunyai website sehingga dakwahnya dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas; (6) adanya tenaga operator media. Sementara faktor penghambat model komunikasi dakwah Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam mensyiarkan ajaran islam diantaranya: (1) masalah finansial, dalam artian tidak punya penghasilan tetap; (2) jaringan yang kurang baik ketika listrik mati secara tiba-tiba; (3) kompetensi tenaga operator yang gaptek; (4) pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEYWORDS: COMMUNICATION MODEL, DA'WAH, ISLAM SPREADING |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 May 2022 08:04 |
Last Modified: | 23 May 2022 08:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31602 |