STRATEGI PROMOSI EVENT “NGOPI DI MUSEUM VOL.4: JANJI ROASTERY” DALAM MENARIK KUNJUNGAN WISATAWAN MUSEUM PADA TAHUN 2019

BAGAS WIKANTYASA (2022) STRATEGI PROMOSI EVENT “NGOPI DI MUSEUM VOL.4: JANJI ROASTERY” DALAM MENARIK KUNJUNGAN WISATAWAN MUSEUM PADA TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (789kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ngopi di Museum diadakan karena adanya peran Ayu Cornelia sebagai pelaksana event dan juga duta museum yang mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan kunjungan di Museum dan memadukan kopi yang notabenenya museum bukan tempat yang ramai kunjungan wisatawan. Walaupun event yang diselenggarakan dari volume 1 sampai 3 mengalami peningkatan, tetapi pada event terakhir yang diselenggarakan pada tahun 2019 pengunjung event “Ngopi di Museum” mengalami penurunan dibanding dengan event sebelumnya. Artinya strategi promosi yang dilakukan pada event volume 4 tidak begitu efektif melihat dari data pengunjung yang menurun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan data pendukung lain berupa aktivitas media sosial. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa keterlibatan Ayu Cornelia yang merupakan ahli Public Relations menerapkan keilmuan dan praktek PR-nya selama bertahun-tahun untuk merancang event Ngopi di Museum volume 4 Tahun 2019 dengan menggunakan relasi untuk sarana promosi dan penyelenggaraan event tersebut yang berakibat pada menurunya antusiasme masyarakat karena informasi promosi tidak tersebar secara massif dan kurang maksimal. Dengan saran peneliti berupa perlu adanya pemfokusan sasaran target yang disesuaikan dengan acara sehingga dapat menarik antusiasme yang lebih baik dan Memaksimalkan penggunaan media promosi lain selain relasi yang dimiliki oleh Ayu Cornelia yang dapat menyesuaikan dengan target pasar event Ngopi di Museum

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PROMOSI, EVENT PROMOSI, NGOPI DI MUSEUM, PUBLIC RELATIONS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 May 2022 07:58
Last Modified: 23 May 2022 07:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31625

Actions (login required)

View Item
View Item