KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL: A CASE STUDY

MEDINA FITRIANANDA LIBRIANTO (2022) KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL: A CASE STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (729kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang: RSUD Panembahan Senopati Bantul sebagai rumah sakit tipe B milik pemerintah dan sekaligus rumah sakit rujukan pasien BPJS mengalami penurunan signifikan jumlah kunjungan pasien di poliklinik rawat jalan pada tahun 2019. Persepsi pasien peserta BPJS menjadi tolak ukur evaluasi kualitas layanan yang telah diberikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi pasien BPJS terhadap kualitas pelayanan poliklinik menggunakan pendekatan teori SERVQUAL serta faktor – faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut.
Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif analitik dengan metode cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 217 pasien BPJS yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, dengan teknik purposive sampling. Jenis data berupa kuantitatif menggunakan kuesioner pilihan Likert dan diperdalam dengan pertanyaan kuesioner esai. Analisis statistik data menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26 serta analisis kuesioner esai menggunakan program NVivo 12 Plus.
Hasil: Kualitas pelayanan poliklinik RSUD Panembahan Senopati Bantul dipersepsikan memiliki kualitas tinggi oleh pasien BPJS pada seluruh aspek dimensi kualitas SERVQUAL yaitu dimensi Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Langsung, dan Empati. Faktor pendidikan memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi pada dimensi Daya Tanggap (p-Value 0,045), Jaminan (p-Value 0,022), dan Bukti Langsung (p-Value 0,003). Faktor pekerjaan memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi pada dimensi Bukti Langsung (p-Value 0,004) dan Total Variabel (p-Value 0,043).
Kesimpulan: Persepsi kualitas pelayanan di poliklinik rawat jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul berada pada kategori kualitas tinggi. Faktor usia dan jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas layanan, sedangkan faktor pendidikan dan pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas pelayanan poliklinik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SERVICE QUALITY, SERVQUAL, OUTPATIENT DEPARTMENT
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 May 2022 07:50
Last Modified: 23 May 2022 07:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31636

Actions (login required)

View Item
View Item