Strategi Promosi Lembaga Amil Zakat Dompet Sejuta Harapan dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki pada Tahun 2019

Ahmad Naufal (2021) Strategi Promosi Lembaga Amil Zakat Dompet Sejuta Harapan dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki pada Tahun 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

<p>Penelitian ini menganalisis strategi promosi Lembaga Amil Zakat Dompet Sejuta Harapan dalam meningkatkan jumlah orang yang berzakat (muzakki). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi promosi yang dilakukan oleh LAZ DSH dalam meningkatkan jumlah muzakki di Klaten. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi promosi dan bauran promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan model kualitatif. Data-data dan informasi aktual dikumpulkan dengan rinci, diidentifikasi, diperbandingkan dan dievaluasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bagian <em>Marketing, </em>Kepala Bagian HRD dan Kepala Bagian Bendahara LAZ DSH.</p>

<p>Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi LAZ DSH didasarkan pada analisis SWOT yang meliputi komponen yaitu kekuatan (<em>strength</em>), kelemahan (<em>weakness</em>), peluang (<em>opportunity</em>), dan ancaman (<em>threats</em>). Selanjutnya dilakukan langkah-langkah dalam melakukan promosi yang diawali dari penentuan target dan tujuan promosi, merancang pesan, dan penentuan bauran promosi. Media yang digunakan LAZ DSH dalam melakukan strategi promosi adalah melalui pengajian, brosur, buletin, majalah, <em>banner</em>, iklan di koran Suara Merdeka, radio di radio Anda dan Candi Sewu, televisi di Klaten TV, dan presentasi penjualan. Adapun faktor pendukung promosi LAZ DSH adalah kesadaran masyarakat terhadap zakat meningkat, serta faktor penghambatnya adalah memiliki irisan pangsa pasar yang sama dan cara promosi yang juga relatif sama dengan para kompetitor. Namun yang masih belum maksimal dijalankan oleh LAZ DSH adalah minimnya promosi menggunakan media <em>online </em>untuk memperluas jangkauan target pasar dan tidak maksimalnya aktivitas <em>public relation </em>dikarenakan tidak adanya bagian <em>public relation </em>secara independen, sehingga menyulitkan dalam proses koordinasi komunikasi.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:43
Last Modified: 15 Sep 2021 03:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3171

Actions (login required)

View Item
View Item