Ahmad Naufal (2021) Strategi Promosi Lembaga Amil Zakat Dompet Sejuta Harapan dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki pada Tahun 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (795kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Bab I.pdf
Download (431kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (901kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (960kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (52kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Penelitian ini menganalisis strategi promosi Lembaga Amil Zakat Dompet Sejuta Harapan dalam meningkatkan jumlah orang yang berzakat (muzakki). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi promosi yang dilakukan oleh LAZ DSH dalam meningkatkan jumlah muzakki di Klaten. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi promosi dan bauran promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan model kualitatif. Data-data dan informasi aktual dikumpulkan dengan rinci, diidentifikasi, diperbandingkan dan dievaluasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bagian <em>Marketing, </em>Kepala Bagian HRD dan Kepala Bagian Bendahara LAZ DSH.</p>
<p>Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi LAZ DSH didasarkan pada analisis SWOT yang meliputi komponen yaitu kekuatan (<em>strength</em>), kelemahan (<em>weakness</em>), peluang (<em>opportunity</em>), dan ancaman (<em>threats</em>). Selanjutnya dilakukan langkah-langkah dalam melakukan promosi yang diawali dari penentuan target dan tujuan promosi, merancang pesan, dan penentuan bauran promosi. Media yang digunakan LAZ DSH dalam melakukan strategi promosi adalah melalui pengajian, brosur, buletin, majalah, <em>banner</em>, iklan di koran Suara Merdeka, radio di radio Anda dan Candi Sewu, televisi di Klaten TV, dan presentasi penjualan. Adapun faktor pendukung promosi LAZ DSH adalah kesadaran masyarakat terhadap zakat meningkat, serta faktor penghambatnya adalah memiliki irisan pangsa pasar yang sama dan cara promosi yang juga relatif sama dengan para kompetitor. Namun yang masih belum maksimal dijalankan oleh LAZ DSH adalah minimnya promosi menggunakan media <em>online </em>untuk memperluas jangkauan target pasar dan tidak maksimalnya aktivitas <em>public relation </em>dikarenakan tidak adanya bagian <em>public relation </em>secara independen, sehingga menyulitkan dalam proses koordinasi komunikasi.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 03:43 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 03:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3171 |