RISKA DWI OKTAVIANI (2022) EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT (STUDI KASUS: APLIKASI SISTEM PENDAFTARAN ONLINE (SIMPEL) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2021-2022). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (868kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (797kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Bab I.pdf
Download (594kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (614kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
PANDEMI COVID-19 BERDAMPAK PADA SETIAP BIDANG KEHIDUPAN MANUSIA SALAH SATUNYA PADA BIDANG PELAYANAN PUBLIK. PADA MASA PANDEMI SAAT INI MEMBERIKAN PEMERINTAH SEBUAH KESEMPATAN UNTUK MEMPERBANYAK MELAKUKAN INOVASI DALAM PELAYANAN PUBLIK. SALAH SATU INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI DILAKUKAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PEKALONGAN YAITU DENGAN MELUNCURKAN APLIKASI SIMPEL. APLIKASI SIMPEL INI DIHARAPKAN DAPAT MEMUDAHKAN MASYARAKAT DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN TANPA HARUS DATANG KE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PEKALONGAN. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT YAITU APLIKASI SIMPEL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PEKALONGAN, SERTA UNTUK MENGETAHUI APA SAJA FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DARI PENERAPAN APLIKASI SIMPEL. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE PENELITIAN KUALITATIF DENGAN PENDEKATAN STUDI KASUS. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN TEORI EFEKTIVITAS DAN TEORI INOVASI PELAYANAN PUBLIK. TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN INI YAITU MENGGUNAKAN TEKNIK WAWANCARA DAN STUDI DOKUMENTASI. . KEMUDIAN TEKNIK ANALISIS DATA YANG DIGUNAKAN YAITU REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA DAN PENARIKAN KESIMPULAN. HASIL PENELITIAN INI DAPAT DIKETAHUI BAHWA TINGKAT EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI SIMPEL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PEKALONGAN SUDAH CUKUP EFEKTIF, HAL INI DAPAT DILIHAT DARI TELAH TERPENUHINYA MASING-MASING INDIKATOR YANG ADA. AKAN TETAPI, DALAM PELAKSANAANNYA MASIH DITEMUKAN BEBERAPA KENDALA YAITU PROSES PELAYANAN YANG LAMA, KURANGNYA SARANA DAN PRASARANA MAUPUN PENGETAHUAN MASYARAKAT MENGENAI PENGGUNAAN APLIKASI SIMPEL, ADANYA KETERBATASAN PADA PETUGAS, SERTA MASIH TERDAPAT DAERAH YANG KESULITAN MENGAKSES JARINGAN INTERNET. OLEH KARENA ITU, DIRASA PERLU UNTUK ADANYA UPAYA LEBIH GENCAR MELAKUKAN SOSIALISASI KEPADA MASYARAKAT, MENINGKATKAN KAPASITAS SUMBER DAYA APARATUR, SERTA PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN SEBAIKNYA MEMPERLUAS JANGKAUAN INTERNET PADA DAERAH YANG KESULITAN AKSES JARINGAN INTERNET. KESIMPULAN ATAS PENELITIAN INI YAITU TINGKAT EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI SISTEM PENDAFTARAN ONLINE (SIMPEL) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2021-2022 SUDAH CUKUP EFEKTIF SERTA TELAH MEMILIKI KESESUAIAN DENGAN TEORI INOVASI PELAYANAN PUBLIK MILIK ROGERS, NAMUN MASIH PERLU UNTUK MENINGKATKAN SOSIALISASI, MENINGKATKAN KAPASITAS SUMBER DAYA APARATUR, SERTA MEMPERLUAS JANGKAUAN INTERNET.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFFECTIVENESS, PUBLIC SERVICE INNOVATION, APPLICATION |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 May 2022 07:17 |
Last Modified: | 23 May 2022 07:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31728 |