PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP PERILAKU SOSIAL MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

ADHYA NADHIL FARIZI (2022) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP PERILAKU SOSIAL MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh antara kebiasaan membaca Al-Quran dengan perilaku sosial mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Lokasi penelitian ini di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey atau field research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 153 mahasiswa. Teknik pengambilan data dengan propotional sampling. Dalam menentukan jumlah sampel, penulis mengacu pada pendapat Ari Kunto, sehingga diperoleh total sampel sebesar 25% atau sebanyak 38 mahasiswa tetapi dibulatkan menjadi 40 mahasiswa.Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa angket, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier untuk dapat melihat pengaruh pada satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat baik secara simultan ataupun parsial. Program yang digunakan untuk menganalisis data yang ada yaitu dengan IBM SPSS for windows 22. Hasil dalam penelitian ini yaitu, 1. kebiasaan membaca Al-Quran mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2018 masuk dalam kategori cukup baik. Hal tersebut dapat diketahui dari data yang memberikan skor rendah sebanyak 8 mahasiswa, yang memberikan skor sedang sebanyak 17 mahasiswa dan yang memberikan skor tinggi sebanyak 15 mahasiswa, 2. Perilaku sosial mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2018 masuk dalam kategori cukup baik. Hal tersebut dapat diketahu dari yang memberikan skor rendah sebanyak 3 mahasiswa, yang memberikan skor sedang sebanyak 21 mahasiswa dan yang memberikan skor tinggi sebanyak 16 mahasiswa, 3. Berdasarkan hasil uji regresi linier dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan pada kebiasaaan membaca Al-Quran terhadap perilaku sosial mahasiswa, yang dapat dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 92,180 > F tabel 4,17 pada uji F. Selain itu terdapat pengaruh signifikan pula pada variabel X terhadap Y, dapat duktikan dengan uji-t pada variabel X dimana t hitung 9,601 > t tabel 1,697.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH, KEBIASAAN MEMBACA AL-QURAN, PERILAKU SOSIAL, MAHASISWA PAI UMY
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 May 2022 06:17
Last Modified: 23 May 2022 06:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31775

Actions (login required)

View Item
View Item