SYIFA MAHARANI (2022) STRATEGI BELAJAR MAHASISWA AKTIF ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (432kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Bab I.pdf
Download (91kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi belajar pada mahasiswa aktif organisasi sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi belajar pada mahasiswa aktif organisasi. Penelitian menggunakan jenis penelitian Field Reserach (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian berupa 6 informan dengan karakteristik informan yaitu mahasiswa Aktif UMY dan menjadi anggota HIMA PAI periode 2021/2022, mahasiswa yang aktif dalam organisasi HIMA PAI periode 2021/2022, dan mahasiswa yang memiliki nilai IPK ≥ 3,5. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.Hasil Penelitian menunjukkan: pertama, Mahasiswa aktif organisasi HIMA PAI UMY telah menerapkan strategi atau cara dalam belajar agar dapat memahami materi dengan baik yaitu menggunakan strategi berupa strategi belajar individual yang dilakukan secara mandiri melalui modul maupun mempelajari suatu materi melalui video. Untuk mendukung penggunaan suatu strategi secara maksimal maka aktivis mahasiswa juga menggunakan strategi mengulang, strategi elaborasi, strategi perencanan dan strategi regulasi. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi belajar dapat dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa faktor psikologis yang berupa kesehatan jasmani dan rohani mahasiswa tersebut. Faktor eksternal disebabkan oleh faktor situasional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI, BELAJAR, MAHASISWA AKTIF ORGANISASI |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 May 2022 06:09 |
Last Modified: | 23 May 2022 06:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31794 |