KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK ISLAM SUNAN GUNUNG JATI, NGRAME, TAMANTIRTO, KASIHAN, BANTUL, YOGYAKARTA)

ELSA RAHMAYUNI (2022) KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK ISLAM SUNAN GUNUNG JATI, NGRAME, TAMANTIRTO, KASIHAN, BANTUL, YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rahmayuni, Elsa. 2022. Keterlibatan Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Pada Tk Islam Sunan Gunung Jati, Ngrame, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakuktas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Pembimbing Skripsi Drs. H. Yusuf A.Hasan, M.Ag.

TK merupakan pendidikan prasekolah yang diarahkan untuk mengintegrasikan pengetahuan dan praktik ibadah, mengembangkan motivasi dan sikap belajar, penguasaan keterampilan, dan pembentukan karakter pada anak. Keterlibatan orang tua dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini pada taman kanak-kanak merupakan aspek penting dalam sebuah pendidikan terutama dalam pendidikan anak usia dini. Dalam penelitian ini, melibatkan 5 orang tua, kepala sekolah serta guru kelas taman kanak-kanak Islam Sunan Gunung Jati, Ngrame, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, sebagai subjek penelitian.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan studi kasus yang dalam prosesnya data diambil dan dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Proses keterlibatan orang tua yang di TK Islam Sunan Gunung Jati, Ngrame, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta ini meliputi tiga level, yaitu: support, engagement dan decision making. 2) Keterlibatan orang tua pada TK Islam Sunan Gunung Jati, Ngrame, Kasihan, Bantul, Yogyakarta telah menerapkan keenam bentuk partisipasi orang tua yang telah disampaikan oleh Epstein dengan baik. Adapun bentuk keterlibatan orang tua tersebut meliputi: pola asuh, komunikasi, sukarelawan, pembelajaran di rumah, membuat keputusan, dan kerjasama dengan anggota masyarakat. Saran yang diajukan peneliti yaitu diharapkan kepada para orang tua untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang di buat oleh sekolah, sehingga semua kegiatan tersebut berhubungan dengan pendidikan anak di sekolah, dan menimbulkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan anak akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: KETERLIBATAN, ORANG TUA, PAUD
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 21 May 2022 07:40
Last Modified: 21 May 2022 07:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31851

Actions (login required)

View Item
View Item