MUHAMMAD IZUDIN ARDANI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 2 SERANG WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (881kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (277kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (21kB)
Bab I.pdf
Download (97kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (604kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan hal penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu pembelajaran agar pembelajaran berjalan lebih baik. Siswa SD Negeri 2 Serang merupakan anak-anak yang berada pada masa sekolah yang semestinya dunia belajar mampu memusatkan perhatian siswa dalam memahami materi-materi pelajaran yang disampaikan. Penggunaan media pembelajaran PAI dalam pembelajaran PAI dapat membantu stimulus peserta didik dalam proses pembelajaran.Penelitian ini dilakukan karena adanya media pembelajaran yang bermacam-macam pada proses pembelajaran dan digunakan secara intensif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran; 2) tingkat prestasi belajar; 3) Pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan subyek sebanyak 49 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner berupa googleform dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.Hasil analisis penelitian ini ialah penggunaan media pembelajaran dengan baik berdasarkan hasil observasi. Tingkat prestasi belajar siswa berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata nilai siswa 83,5. Diketahui dalam analisis ini nilai signifikasi 0,00 yang mana lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel media pembelajaran terhadap variabel prestasi siswa. Hasil dari analisis uji regresi linier sederhana juga mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya adalah nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut bermakna bahwa variabel media pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel prestasi belajar. Berdasarkan analisis juga R kuadrat atau koefisien diterminasi nya 0,623. Angka 0,623 menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 62,3%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEARNING MEDIA, STUDENT ACHIEVEMENT |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 May 2022 07:32 |
Last Modified: | 21 May 2022 07:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31869 |