AHMAD YOFA LINTANG SATYO P. (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI SMA NEGERI 1 ROWOKELE KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (584kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab I.pdf
Download (181kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Problem solving Di SMA Negeri 1 Rowokele, Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode problem solving pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Rowokele, dengan mengetahui faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh guru dalam penerapan metode problem solving pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Rowokele, Kebumen, serta mengetahui seberapa efektif menggunakan metode pembelajaran problem solving pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field search. Di mana peneliti meneliti secara langsung di lapangan untuk mendapatkan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini bahwa Penerapan metode pembelajaran problem solving pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Rowokele sudah berjalan dengan baik dan efektif sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di SMA Negeri 1 Rowokele yaitu kurikulum 2013. Proses pembelajaran yang dimulai dari pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada pembelajaran inti, guru menerapkan metode problem solving untuk menggugah pikiran siswanya sehingga siswa dapat mengembangkan pikiran dan pendapatnya untuk memecahkan sebuah masalah yanh sedang dihadapinya. Faktor penghambat problem solving di SMA Negeri 1 Rowokele lebih mengarah situasi pandemi dan alat komunikasi yang digunakan oleh peserta didik karena sistem pendidikan di sekolah ini menggunakan sesi sesi di mana siswanya bergantian sekolah secara offline sehingga terkendala, dan juga oleh alat komunikasi maupun sinyal yang menyebabkan siswa sulit berdiskusi. Sedangkan faktor pendukungnya yakni kemampuan berpikir siswa yang tinggi, motovasi siswa dan tingkat emosional siswa yang baik dapat menjadikan suasana diskusi yang baik dan rapi, ditambah lagi dengan fasilitas sekolah yang memadai. Tingkat efektivitas pada metode pembelajaran Problem solving pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Rowokele sudah tergolong baik dan efektif. Karena dengan menggunakan metode ini siswanya lebih mudah memahami dan mengerti tentang materi yang diberikan. Dibuktikan dengan hasil diskusi yang sudah sangat baik di mana hasil diskusinya disimpulkan dan dipaparkan di depan kelas dengan jelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFFECTIVENESS, LEARNING, PROBLEM SOLVING, ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 May 2022 07:30 |
Last Modified: | 21 May 2022 07:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31885 |