ADITH RIDWAN NUR RIFA'I (2022) PERANCANGAN KOPLING CAKAR UNTUK MOBIL DIESEL ARUNA PROTO. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (321kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Bab I.pdf
Download (82kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (455kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (631kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (636kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
KHAD Eco Team UMY berencana untuk membuat kendaraan baru dengan kategori prototype pada kelas MPD Diesel yang diberi nama Aruna Proto. Diperlukan perancangan mengenai sistem pemindah daya yang nantinya akan memindahkan tenaga dari putaran mesin diesel menjadi putaran roda belakang kendaran. Pada sistem kopling sebelumnya yang sudah dibuat memiliki beberapa kekurangan. Seperti ukuran konstruksi kopling yang terlalu kecil, serta terdapat retakan pada spline. Pada perancangan kopling cakar untuk mobil diesel Aruna Proto menggunakan metode perancangan optimal. Perancangan yang diusulkan menyesuaikan kebutuhan pada mobil. Tahap pertama dimulai dengan dilakukannya perhitungan pada masing – masing bagian yang berkaitan dengan kopling. Tahap kedua yang dilakukan adalah memodelkan masing – masing bagian menggunakan software Autodesk Inventor Profesional 2019. Setelah dimodelkan kemudian dilakukan simulasi pembebanan statis. Hasil perancangan diperoleh gandar pada kopling cakar menggunakan material baja tipe S45C. Dari hasil simulasi didapatkan tegangan von mises sebesar 4,741 MPa, displacemet maksimum yang dihasilkan sebesar 2,042 mm, safety factor 15. Hasil simulasi komponen kopling cakar menggunakan material baja tipe S45C menginformasikan tegangan von mises sebesar 1,817 MPa. Serta mendapatkan nilai displacement maksimum sebesar 0,1593 mm, safety factor 15. Hasil simulasi komponen spline pada kopling cakar menggunakan material baja tipe S45C menginformasikan tegangan von mises sebesar 6,078 MPa. Serta mendapatkan nilai displacement maksimum sebesar 0,44 mm, safety factor 15.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KMHE, KOPLING CAKAR, GANDAR, SPLINE, AUTODESK INVENTOR PROFESIONAL 2019. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 May 2022 07:15 |
Last Modified: | 21 May 2022 07:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31957 |