PUTRI SHOFI AMALIA (2022) PENDAMPINGAN BELAJAR DARING ANAK DISABILITAS PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI DI SD 1 TRIRENGGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (356kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Bab I.pdf
Download (68kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (241kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (408kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persiapan yang dilakukan guru dan orang tua dalam pendampingan belajar daring anak disabilitas, mengevaluasi pendampingan guru dan orang tua dalam pembelajaran daring, mengkaji keberhasilan siswa dalam pembelajaran daring, mengidentifikasi kesulitan guru dan orang tua dalam pendampingan belajar daring anak disabilitas, dan menemukan strategi mengatasi kesulitan guru dan orang tua dalam pendampingan belajar daring anak disabilitas pada sekolah dasar inklusi di SD 1 Trirenggo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas, guru pembimbing khusus, orang tua siswa dan siswa berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persiapan guru dan orang tua dalam pendampingan belajar daring dikatakan cukup baik, persiapan guru yaitu mempersiapkan RPP daring, media daring, metode belajar daring dan persiapan orang tua yaitu mempersiapkan fasilitas belajar daring, mengawasi waktu belajar daring, mengawasi kegiatan belajar daring. (2) Pelaksanaan guru dalam pendampingan belajar daring menggunakan media whatsapp, google meet dan youtobe, metode ceramah dan diskusi, kurikulum 2013 dan pelaksanaan orang tua dalam pendampingan belajar daring pada anak disabilitas sebagai pendamping, pengganti guru di rumah dan pengontrol emosi anak. (3) Keberhasilan siswa dalam pembelajaran daring di SD 1 Trirenggo dikatakan belum berhasil dalam mencapai tujuh indikator keberhasilan siswa karena siswa dan guru tidak dapat berinteraksi secara langsung. (4) Kesulitan guru dalam pendampingan belajar daring yaitu fasilitas sarana siswa terbatas, sulit menyampaikan materi, penguasaan teknologi terbatas dan kesulitan orang tua yaitu pemahaman materi terbatas, sulit mengontrol emosi anak, kurangnya waktu cukup untuk mendampingi. (5) Ditemukan kesamaan strategi pada guru dan orang tua untuk mengatasi kesulitan dalam pendampingan belajar daring yaitu memanfaatkan pertemuan tatap muka terbatas di sekolah dan mengikuti pelatihan pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MENTORING, ONLINE LEARNING, CHILDREN WITH DISABILITIES |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 May 2022 07:09 |
Last Modified: | 21 May 2022 07:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31974 |