Akbar Nur Aziz (2020) EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 001 SEBATIK BARAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (446kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (275kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Bab I.pdf
Download (145kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengevaluasi Kurikulum Pendidikan Agama di Sekolah Dasar Muhammadiyah 001 Sebatik Barat. Jenis Penelitian ini adalah evaluasi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Model yang digunakan adalah CIPP. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama, dan siswa di SD Muhammadiyah 001 Sebatik Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi dengan pengecekan data dari berbagai sumber, cara, dan waktu. Analisis data penelitian dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi context kurikulum meliputi persiapan penyusunan kurikulum dikerjakan bersama dengan KKG (Kelompok Kerja Guru) se Kecamatan Sebatik Barat, dan penerapan kurikulum masih menggunakan dua kurikulum (KTSP dan Kurikulum 2013), namun SD Muhammadiyah 001 Sebatik Barat menerapkan Kurikulum Pendidikan Agama sama seperti sekolah umum, belum menerapkan Kurikulum ISMUBA yang menjadi ciri Pendidikan Muhammadiyah. (2) Evaluasi input kurikulum meliputi kualitas tenaga pendidik masih sangat kurang. Silabus dan RPP yang dibuat guru hanya sebagai formalitas dan tidak diterapkan ketika pembelajaran berlangsung. Bahan ajar pada Kurikulum Pendidikan Agama masih kurang mencukupi, baik dari buku, media belajar, fasilitas sekolah, dan media pembelajaran yang digunakan masih sangat sederhana. (3) Evaluasi process kurikulum meliputi pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Agama kurang berjalan dengan baik, dan kurangnya fasilitas sekolah menjadi faktor penghambat jalannya kurikulum. (4) Evaluasi product kurikulum meliputi evaluasi hasil belajar siswa ada dua, yakni Ulangan Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), namun untuk evaluasi kurikulum belum ada. Adapun lulusannya kebanyakan meneruskan jenjang pendidikan di SMP dan beberapa di pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:46 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/320 |