LINA AFIFAH RAHAYU (2022) PENGENALAN BIDANG STUDI BAITUL MAQDIS DALAM KURIKULUM PEMBELAJARAN TAMBAHAN MELALUI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MTS PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN PUTRI RUMAH SAJADA WIROKRAMAN KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (690kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (362kB)
Bab I.pdf
Download (474kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (404kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (510kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (360kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (383kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui tentang Baitul Maqdis, 2) untuk mengetahui implementasi kurikulum tambahan pada pembelajaran studi Baitul Maqdis dalam kegiatan belajar mengajar di MTS Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Putri Rumah Sajada, 3) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung apa saja yang dialami pendidik dalam implementasi kurikulum tambahan pada pembelajaran studi Baitul Maqdis dalam kegiatan belajar mengajar di MTS Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Putri Rumah Sajada.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif, dengan metode penentuan subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Kemudian data dikumpulkan melalui tiga teknik yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan pendekatan induktif umum. Analisis data penelitian kualitatif dilakukan pada saat keberlangsungan pengumpulan data dalam beberapa periode tertentu.
Hasil dari penelitian ini yaitu, PAPP Putri Rumah Sajada mampu memberikan studi Baitul Maqdis dengan penyampaian secara materi serta praktek langsung sehingga mampu membangun ma’rifah peserta didik (santri). Faktor penghambat dari pembelajaran studi Baitul Maqdis, belum adanya pendidik perempuan, kurang ada niatan santri, kurangnya referensi, kurangnya kemampuan bahasa arab santri dan belum adanya sanksi khusus bagi yang melanggar. Faktor pendukung adanya sosok ustadz yang menguasai di bidang studi Baitul Maqdis, adanya sarana dan prasarana yang memadai serta adanya ustadzah pengontrol harian santri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAITUL MAQDIS, ADDITIONAL CURRICULUM, BAITUL MAQDIS STUDY |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 May 2022 06:22 |
Last Modified: | 21 May 2022 06:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32010 |