ANALISIS NILAI PROFETIK KUNTOWIJOYO DALAM DAKWAH LAYANAN VISIT PASIEN BINA ROHANI ISLAM PKU MUHAMMADIYAH GAMPING

DWI BAGUS IRAWAN (2022) ANALISIS NILAI PROFETIK KUNTOWIJOYO DALAM DAKWAH LAYANAN VISIT PASIEN BINA ROHANI ISLAM PKU MUHAMMADIYAH GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskrepsikan mengenai pemahaman rohaniawan dilingkungan Bina Rohani Islam PKU Muhammadiyah Gamping mengenai dakwah, dan nilai profetik Kuntowijoyo, penelitian ini juga bertujuan untuk mendekripsikan bagaimana penerapan Nilai Profetik yang digagas oleh Kuntowijoyo diterapkan dalam layanan visit pasien dilingkungan Bina Rohani Islam PKU Muhammadiyah Gamping. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara secara terstruktur, dan dokumentasi dengan subyek yang telah sesuai dengan kualifikasi yang terdiri dari enam orang pegawai tetap Bina Rohani Islam, serta dua orang pasien yang telah dirawat minimal dua hari atau sudah mendapatkan dua kali kunjungan Binarohani Islam. Dengan teknik analisis berupa pengumpulan data, pengolahan data dan penyajian data, serta proses triangulasi data sehingga didapatkan kesimpulan atas penelitian yang dilakukan.

Penelitian ini membuktikan. Pertama, rohaniawan memiliki pemahaman mengenai dakwah, dan mampu untuk menjelaskan mengenai penerapan dakwah dalam kegiatan visit pasien. Kedua, nilai profetik dalam kegiatan visit pasien dilingkungan bina rohani Islam PKU Muhammadiyah Gamping dilakukan dan diterapkan yang berupa penerapan nilai Humanisasi, Liberasi, dan Transendensi. Penerapan nilai Humanisasi tercermin dari ajakan rohaniawan dalam visit pasien untuk mengajak pasien selalu bersyukur,dan tabah. Serta pola komunikasi yang dilakukan dalam kegiatan visit pasien. Nilai Liberasi diuraikan pada upaya rohaniawan untuk membantu pasien terbebas dari ketakutan, rasa sakit, dan dan upaya untuk membantu dan menggali masalah yang sedang diderita pasien diluar perkara medis. Nilai Transensendansi dilaksanakan oleh rohaniawan dalam upaya menjaga keislaman dan keimanan pasien, hal ini dilakukan dalam intervensi mengenai Pemberian pemahaman pasien akan masalah ibadah beserta tata cara Ketika sakit, kemudian dalam upaya memberikan pemahaman tentang penerimaan pasien akan sakit yang sedang dialami. Sehingga dapat disimpulkan pertama, bahwa rohaniawan Bina Rohani Islam PKU Muhammadiyah Gamping memiliki pemahaman yang baik mengenai dakwah dan penerapan dakwah dalam layanan visit pasien. Kedua, nilai profetik kuntowijoyo berupa Humanisasi, Liberasi, dan Transendensi sudah diterapkan dalam kegiatan visit pasien Bina Rohani Islam PKU Muhammadiyah Gamping.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DA'WAH, PROPHETIC, ISLAMIC SPIRITUAL DEVELOPMENT
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 21 May 2022 06:26
Last Modified: 21 May 2022 06:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32011

Actions (login required)

View Item
View Item