PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SDN NGEBEL YOGYAKARTA

THESAR RAHADIAN TRENGGONO (2022) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SDN NGEBEL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengungkap arti dari toleransi itu dan toleransi itu sesungguhnya bisa berkembang dalam rangka adanya perwujudan dari bentuk keberagaman itu dalam berbagai dimensi kehidupan dalam bermasyarakat, sehingga akan dapat terwujud keserasian dan keharmonisan hidup, jauh dari semua konflik dan terhindar dari bentuk ketegangan-ketegangan sosial masyarakat, terlebih lagi pertentangan dan permusuhan antar sesamanya dalam masyarakat.Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu lebih menekankan realitas sosial sebagai sesuatu yang utuh, komplek, dinamis, dan bersifat interaktif, untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah. Data yang diperoleh dapat berbentuk kata, kalimat, skema atau gambar.Penelitian ini berusaha memahami situasi sosial secara mendalam, menemukan pola, hipotesis dan teori.Penelitian ini juga menggunakan pendekatan pendekatan fenomenologis. Pendekatan fenomenologis secara konseptual adalah sebuah studi tentang penampakan sebuah obyek, peristiwa, atau kondisi dalam persepsi individu.Hasilnya menunjukkan bahwa pengembangan sikap toleransi dan kebersamaan di seluruh masyarakat sangatlah penting untuk kita semua. Sikap toleransi ini juga terjadi di lingkungan sekolah, di mana di dalamnya siswa saling berinteraksi terutama dengan guru dan juga teman-temannya, saling belajar menghargai perbedaan serta saling menerima sesuatu karakteristik tertentu yang mungkin pada lingkungannya tidak pernah dia temui dan juga berlaku diseluruh masyarakat selain di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: THE ROLE OF PAI TEACHERS, TOLERANCE, TOGETHERNESS
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 21 May 2022 06:26
Last Modified: 21 May 2022 06:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32013

Actions (login required)

View Item
View Item