FATHUL MUQODAM (2022) ANALISIS FRAMING BERITA TENTANG PERGESERAN HARI LIBUR TAHUN BARU ISLAM DAN MAULID NABI SAW DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (12MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
Bab I.pdf
Download (231kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (536kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (479kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Perkembangan media massa dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan dari era media massa berupa media cetak kemudian berkembang menjadi media online yang saat ini memiliki informasi dengan mudah dapat diperoleh dari mana saja di dunia, tanpa dibatasi oleh lokasi dan waktu. Penelitian ini menganalisis berita menggunakan model analisis framing model Robert N. Entman yang mempunyai dua komponen besar terkait dengan framing yaitu, tentang seleksi isu kemudian penonjolan atau penekanan aspek-aspek tertentu dari realitas/isu. Hasil penelitian ini terdapat 3 isu yang menonjol yaitu (1) pernyataan Kamaruddin Amin sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag terkait pergeseran libur tahun baru Islam dan maulid Nabi SAW, (2) pernyataan Ma’ruf Amin selaku Wakil Presiden terkait pergeseran libur maulid Nabi SAW, (3) tanggan tokoh terhadap kebijakan pengeseran hari libur tahun baru Islam dan maulid Nabi SAW. Perbandingan antara kedua media oline tersebut adalah Kompas.com terkesan hanya memberitakan seperti biasa saja sesuai apa yang disampaikan pemerintah dan terlihat dengan pmberitaan sederhana dengan adanya kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah serta terkesan seperti mendukung pemerintah, sedangkan Republika.co.id memberitakan hal sama sesuai dengan apa yang disampaikan pemerintah hanya saja media tersebut berani memberitakan adanya tokoh yang tidak setuju dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANALISIS FRAMING,BERITA, PERGESERAN, TAHUN BARU ISLAM, MAULID NABI SAW, MEDIA ONLINE |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 May 2022 06:16 |
Last Modified: | 21 May 2022 06:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32017 |