AMINGSA (2006) GAGASAN DAN USAHA HARUN NASUTION DALAM PENGEMBANGAN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM (PTAI) DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (214kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (735kB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (743kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (615kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (720kB)
Abstract
ABSTRAK
Harun Nasution adalah seorang pendidik dan sosok ilmuan muslim yang sangat disegani
oleh kalangan intelektual muslim, baik dalam negeri maupun diluar negeri. Harun Nasution lebih
dikenal sebagai seorang teolog, karena corak pemikiran yang khasnya yaitu; rasional-filiosiofis
dan libral. Padahal beliau ialah seorang pendidik yang tekun, sejati dan shaleh. Pada corak
pemikiran ini, harun nasution pada awal 70an cukup berhasil dalam bidang pendidikan di
Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dengan gagasan dan ide-idenya. Dengan gagasan dan ide-
ide tersebut, Harun Nasutin dianggap sebagai paham Mu?’tazilah ataupun sekuler dan corak
pemikiran ini amat bertentangan dengan pemikiran Islam pada umumnya yang berkembang saat
itu, yaitu; tadisonal serta terikat mazhab.
Dalam peta keilmuan, studi ini merupakan penelitian library research (kajian pustaka)
yang meneliti seorang tokoh melalui penelaahan karya-karyanya. Metodologi yang digunakan
adalah content analysis untuk mendiskripsikan content analysis ini, yaitu. dengan cara
mengindentifikasikan karya-karya Harun Nasution yang berkaitan dengan pembaharuan
pendidikan Islam dan mengindentifikasi karya-karya cendikiawan yang ada hubungannya dengan
pembaharuan pendidikan Islam. Dan analisis data ini adalah menggunakan logika deduktif dan
induktif, Logika deduktif dipergunakan pada saat menkaji pemikiran Harun Nasution dalam
menjelaskan pembaharuan pendidikan isalam, sedangkan logika induktif dipergunakan untuk
membandingkan pemikiran dan gagasan Harun Nasuton dengan pemikiran para ahli pendidikan
lainnya, sehingga diketahui letak atau posisi pemikiran pembaharauan pendidikan Islam di
Indonesia. Dengan metodologi dan pendekatan ini mencoba mengupas secara apa adanya tentang
pemikiran dan gagasan pembaharuan pendidikan Islam di PTAIN.
Penulis menyimpulkan bahwa Gagasan, ide dan usaha pembaharuan pendidikan yang
telah dilakukan oleh Harun Nasution di PTAI khususnya IAIN. Hal ini sangat terasa dampak-
dampak pembaharuannya, di IAIN seluruh Indonesia. Pembaharuan pendidikan Islam yang
diformulasikan ke dalam beberapa usaha pengembangan dan pembaharuan yaitu; 1) Pembinaan
tenaga dosen. 2) Penumbuhkan tradisi ilmiah dan menerbitkan jurnal ilmiah. 3) Pengembangan
perpustkaan. 4)Pengembangan organisasi. 5) Pembukaan program pascasarjana. 6) Menjadikan
PTAI khusunnya IAIN sebagai pusat pembaharuan pemikiran dalam Islam.
Dampak dari usaha pembaharuan yang dilakukan Harun Nasution terlihat beberapa
suasana kreatifitas dan Jearning capacity yang diciptakannya terutama di PTAI. Terjadinya
pergeseran kajian Islam dari yang bersifat normatif kepada kajian Islam yang bersifat histories,
sosiologis dan empiris dan juga berdampak pada pemudaran sektarianisme mazhab dan aliran
pemikiran. Hasilnya adalah melahirkan tokoh-tokoh yang amat disegani pemikirannya dan
kemunculan sejumlah alumni PTAI khusus IAIN, yang bergerak di luar sector pemerintahan dan
mempunyai peran yang signifikan dalam penyebaran dan pengembangan gagasan pembaharuan
Telam dan inaa heroerak dalam hirockraci turut meniadi motor nembaharuan institusi-institusi
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 27 May 2022 06:10 |
Last Modified: | 27 May 2022 06:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32078 |