PEMAHAMAN DAN PELAKSANAAN GURU DALAM PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DI SD NEGERI NGANGGRUNG TURI SLEMAN

SUNARTI (2009) PEMAHAMAN DAN PELAKSANAAN GURU DALAM PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DI SD NEGERI NGANGGRUNG TURI SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai dimana pemahaman dan pelaksanaan Bapakllbu guru SD Negeri Nganggrung dalam Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, dan juga untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan PAKEM serta cara mengatasinya. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai Kahan pertimbangan dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri Nganggrung, Turi, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif dengan mengambil sampel guru-guru SD Negeri Nganggrung, Turi, Sleman, dan pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan sepuluh orang guru, serta observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memahami dan melaksanakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Bapak dan Ibu guru SD Negeri Nganggrung ada bermacam-macarn, ada yang sudah paham dan melaksanakan dengan balk, ada yang kurang paham dan belum melaksanakan, ada pula yang sudah melaksanakan PAKEM tetapi baru pada mata pelajaran tertentu, disebabkan adanya hambatan-hambatan yang dihadapinya. Sekolah sudah berusaha untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada dengan berbagai macam cam, sehingga nantinya pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) di SD Negeri Nganggrung dapat dilaksanakan dengan hnik (-inn clannt rneriihah nuanca nemhelaiaran vane lehih herkualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 30 May 2022 06:49
Last Modified: 30 May 2022 06:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32219

Actions (login required)

View Item
View Item