SALIP (2007) PENGAMALAN SHOLAT PADA SISWA KELAS III DI SD BANYUURIP KECAMATAN TURI TAHUN AJARAN 2006/2007. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (282kB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (272kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (197kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui usaha sekolah dalam pengamalan
materi sholat pada siswa kelas III di SD Banyuurip I Turi Sleman. Untuk
mengetahui permasalahan yang muncul dan hasil yang dicapai, hasil penelitian ini
diharapkan dapat sebagai bahan pertimbangan dalam usaha memajukan kualitas
dari pada Pendidikan Agama Islam, sebagai khasanah ilmu pengetahuan dan
sebagai usaha untuk memperdalam pengetahuan khususnya dalam Pendidikan
Islam pada umunya.
Penelitian ini merupakan kualitatif, dengan mengambil latar SD Banyuurip
1, Jambusari, Wonokerto, Turi, Sleman. Pengumpulan data dengan cara observasi,
wawancara dan angket, analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap
data yang berhasil dikumpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi data.
Usaha yang dilakukan SD Banyuurip I Turi,Sleman.
Dalam meningkatkan pengamalan ibadah sholat kelas [I] Tahun ajaran
2006/2007 adalah :
1. Kerjasama antara SD Banyuurip I, Turi dengan orang tua siswa:
a. Mengadakan pelaporan kondisi siswa terhadap orang tua siswa.
Konsultasi orang tua siswa dengan guru.
Mengadakan surat-menyurat.
Kunjungan guru kerumah siswa.
Mengadakan kegiatan pendukung, meliputi pelaksanaan qurban,
zakat fitrah, buka bersama pada bulan Ramadhan.
2. Permasalahan yang muncul:
a. Masih adanya orang tua siswa yang kurang memperhatikan
terhadap pendidikan anaknya.
b. Belum adanya kesesuaian yang dikehendaki di sekolah dan di
keluarga.
c. Kesibukan orang tua yang kadang kurang memperhatikan
perkembangan anaknya dan segala informasi dari sekolah.
d. Minimnya kemampuan orang tua dalam membaca Al-Quran,
sehingga sulit untuk membantu anaknya dalam belajar.
3. Cara mengatasi permasalahan:
a. Mengadakan pembinaan orang tua siswa dalam tanggung jawab
terhadap terhadap anaknya.
b. Memberi penjelasan tentang visi, misi dan tujuan sekolah.
4, Hasil yang dicapai:
a. Hasil belajar anak yang ditunjukkan dengan nilai raport yang
relatif bagus.
b. Perilaku anak meningkat lebih baik.
e Anak raiin menoamalkan ibadah sholat dengan tertib dan benar.
eaos
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 30 May 2022 07:29 |
Last Modified: | 30 May 2022 07:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32230 |