SRI WIHARSIH (2007) KONTRIBUSI KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN WONOKROMO. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (213kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (553kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (318kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (311kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “ Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi
Terhadap Prestasi belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Wonokromo”. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui (1) Gambaran Konsep diri dan Motivasi berprestasi
dalam belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) Seberapa besar kontribusi
konsep diri dalam belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) Seberapa besar
kontribusi motivasi berprestasi dalam belajar terhadap prestasi beljar matematika. Hal
ini dilatarbelakangi oleh nilai UAN Matematika Tahun 2005/2006 yang menunjukkan
rata-rata rendah sehingga perlu jalan keluar untuk menuju peningkatan prestasi
belajar.
Berdasarkan dari fenomena di atas, penulis ingin mengkaji apakah rendahnya
konsep diri menjadi penyebab rendahnya prestasi belajar matematika dan apakah
rendahnya motivasi berprestasi menjadi penyebab rendahnya prestasi belajar
matematika.
Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTsN Wonokromo
tahun 2006/2007 sebanyak 190 siswa. Penggalian data melalui angket serta
dokumentasi untuk memperoleh nilai prestasi belajar matematika serta wawancara
untuk memperoleh data konsep diri tinggi namun hasil prestasi belajar rendah. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi konsep diri terhadap
prestasi belajar matematika yang sangat signifikan (r- 0.472, p - 0,006), dan ada
korelasi motivasi berprestasi diri terhadap prestasi belajar matematika yang sangat
signifikan (r- 0,784, p - 0,000). Serta kontribusi motivasi berprestasi dalam belajar
terhadap prestasi beljar matematika diperoleh dengan analisis regresi F reg « 39,20.
Dengan sumbangan Efektif dari predictor konsep diri tehadap prestasi belajar
matematika sebesar 15,46 dan sumbangan efektif predictor motivasi berprestasi
tehadap prestasi belajar matematika sebesar 56,344
Hal yang dapat disimpulkan dari analisis diatas adalah bahwa konsep diri dan
motivasi berprestasi siswa kelas VIII MTsN Wonokromo pada umumnya termasuk
kategori sedang, karena nilai prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Wonokromo ada
nilai sikap, kerajinan, unjuk kerja, dan penilaian aktivitas mengikuti pelajaran dan
penyelesaian tugas. Sedangkan pada UAN penilaian sesaat dan tidak ada penilaian
lain.
Kata Kunci : Konsen diri: Motivasi Bernrestasi: Practaci Relatar
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 31 May 2022 01:50 |
Last Modified: | 31 May 2022 01:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32250 |