SU'AIDIN (2017) PEMBELAJARAN AL-QUR'AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAK SISWA SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (232kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (299kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (744kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (327kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Kegiatan
Pembelajaran Al-Our'an, dan mengetahui Efektifitas Kegiatannya, serta
mengetahui Faktor Pendukung dan penghambat kegiatan Pembelajaran Al-Our'an
Untuk Meningkatkan Kualitas Akhlak Siswa SMP Muhammadiyah Kasihan
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, dan metode
pengumpulan datanya dipervleh melalui observasi langsung ke lapangan,
kemudian wawancara, dan dokumentasi, informasi yang berkaitan dengan
Pembelajaran Al-Our'an Untuk Meningkatkan Kualitas Akhlak Siswa SMP
Muhammadiyah Kasihan.
Dalam penelitian ini menyimpulka bahwa, Kegiatan pembelajaran Al-
Our'an di SMP Muhammadiyah Kasihan adalah sebagai langkah awal guru, dalam
meletakkan pondasi agama kepada siswa untuk mempersiapkan generasi yang
mempunyai dasar ilmu Al-Our'an dan bekal agama yang kuat. Untuk itu adalah
kewajiban orang tua dan guru untuk menanamkan budi pekerti yang agung dan
keimanan yang kuat yang berdasarkan tuntunan Al-Our'an dan sunnah. Dalam
kegiatan ini Selain diajarkan tentang membaca Al-Our'an, juga guru mengajarkan
tentang pendidikan Akhlak, sehingga siswa bukan saja mampu membaca Al-
Our'an saja, akan tetapi mereka mereka dibekali dan diajarkan tentang bagaimana
siswa berakhlakul karimah dan berprilaku baik. Dengan adanya kegiatan ini para
guru berharap agar para siswa tersebut akan terbiasa membaca dan mempelajari
Al-Our'an, ini adalah salah satu alternatif guru untuk mendidik dan mengajarkan
bagaimana membaca Al-Our'an, karena masih banyak dari siswa mereka yang
belum bisa membaca Al-Our'an dengan baik dan benar. Adapu hasil yang didapat
dalam penelitian adalah yang pertama tentang proses pembelajaran Al-Our'annya,
dalam proses kegiatan ini masih banyak yang belum terlaksana sehingga
kegiatanya tidak terlalu efektif dan efisien, yang kedua tentang efektifitas
pembelajaran Ai-Our'annya,seperti yang sudah di jelaskan dalam proses kegiatan
diatas, hasil yang didapat dalam kegiatan ini pun tidak terlalu efektif sehingga
masih banyak yang harus di perbaiki, dan yang keriga adalah faktor pendukung
dan penghambat dari proses pembelajaran Al-Our'annya, dari faktor pendukung
diantaranya ialah dukungan orang tua maupun masyarakat setempat, sedangkan
penghambatnya ialah kurang nya pengajar yang ahli dibidang Al-Our'an, serta
sarana dan prasarana yang tidak memadai dll.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 31 May 2022 01:56 |
Last Modified: | 31 May 2022 01:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32251 |