PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI KERJA PEJABAT STRUKTURAL DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT I

SUCI NURANNISA YUSUF (2014) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI KERJA PEJABAT STRUKTURAL DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT I. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang : Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh budaya organisasi
dan iklim komunikasi terhadap prestasi kerja pejabat struktural di RS PKU
Muhammadiyah Yogyakarta Unit I. Hal ini berdasar pada selain belum pernah
dilakukan penelitian ini sebelumnya, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit I
akan melaksanakan akreditasi baru Joint Commision Internasional (JCI) tahun
2012, untuk mensukseskannya maka dibutuhkan penilaian budaya organisasi dan
iklim komunikasi terhadap prestasi kerja.

Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan
penelitian cross sectional survey dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan
pada 74 responden. Subjek penelitian ini adalah pejabat struktural RS PKU
Muhammadiyah Yogyakarta Unit I. Pengambilan sampel dengan teknik purposive
sampling. Analisa data menggunakan regresi berganda.

Hasil dan pembahasan : Analisis statistik, didapatkan Y- 7,471 # 0,829X1 #
0,443X2 regresi linier bernilai positif, hal ini menunjukan bahwa peningkatan dari
variabel independen (budaya organisasi dan iklim komunikasi) akan
menyebabkan kenaikan nilai variabel dependen (prestasi kerja). Nilai koefisien
determinasi (P) yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebesar 0,502 atau
sebesar 50,246, ini menunjukan bahwa prosentase sumbangan pengaruh budaya
organisasi dan iklim komunikasi terhadap prestasi kerja pejabat struktural RS
PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit I sebesar 50,24.

Kesimpulan dan saran : Budaya organisasi dan iklim komunikasi terhadap
prestasi kerja pejabat struktural RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit I
memiliki hubungan yang searah, artinya apabila budaya organisasi dan iklim
komunikasi ditingkatkan maka akan terjadi peningkatan prestasi kerja. Mencari
nilai-nilai dan menginovasi budaya organisasi lain dan iklim komunikasi yang
dapat membuat prestasi kerja yang lebih unggul dan kompetitif serta lebih
memaksimalkan upaya menanamkan nilai-nilai tersebut.

Kata kunci - Budava organisasi. iklim komunikasi, prestasi kerja

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 31 May 2022 02:03
Last Modified: 31 May 2022 02:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32252

Actions (login required)

View Item
View Item