PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN

TUTUT HARDIYANTI RUKMANA (2018) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan di MTs Muhammadiyah
Kasihan Bantul tentang peraturan yang bertujuan mendisiplinkan siswa serta
membentuk pribadi-pribadi siswa agar dapat berperilaku dengan baik. Diantara
pokok-pokok tata tertih yang mencerminkan tentang kedisiplinan adalah siswa dilarang
menggunakan rokok , siswa dilarang keluar dari kelas atau lingkungan sekolah tanpa
izin dari bidang studi dan diketahui oleh piket, siswa dilarang membewa atau
menggunakan hanphone dilingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian
kulaitatif dengan mengambil lokasi di MTs Muhammadiyah Kasihan Bantul.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan
dokumentasi, analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data yang berhasil
dikumpulkan kemudian di analisa dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan
data dilakukan dengan mengadakan tringulasi dengan cara membandingkan data
hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan data hasil
wawancara dengan dokumen yang berkaitan.

Hasil penelitian menunjukan 1) Bentuk dan tingkat kenakalan siswa di MTs
Muhammadiyah Kasihan Bantul adalah a) Membolos, pada saat guru memberikan
lugas dan ketika guru mapel tidak hadir. b) merokok di lingkungan sekolah c)
membawa atau menggunakan hanphone dilingkungan sekolah. Dan kenakalan tersebut
masuk dalam golongan tingkat ringan . 2) peran layanan bimbingan konseling dalam
menanggulangi kenakalan siswa di MTs Muhammadiyah Kasihan Bantul adalah
segenap program layanan bimbingan konseling yang ada di MTs Muhammadiyah
Kasihan Bantul yang mempunyai tujuan untuk memberikan bantuan dan pertolongan
berupa nasehat dan memberikan sanksi misalnya menghafal ayaat-ayat pendek, sholat
dhuha dalam mengatasi masalah siswa. Factor pendukung di MTs Muhammadiyah
Kasihan Bantul diantaranya adalah adanya kerja sama dan partisipasi yang baik
antara guru BK dengan pihak terkait sepeerti kepala sekolah, guru bidang studi, wali
kelas, karyawan, siswa di MTs Muhammadiyah Kasihan Bantul. — Sedangkan
penghambatnya adalah masih kurangnya kesadaran dan pemahaman dari pribadi
siswa tentang guru BK disekolah, serta usaha-usaha mengatasinya dianataranya guru
BK member pengertian dan pendekatan kepada siswa agar memanfaatkan keberadaan
guru BK di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 31 May 2022 03:02
Last Modified: 31 May 2022 03:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32261

Actions (login required)

View Item
View Item