UJI LENTUR STABILISASI TANAH COLLUYVIUM DENGAN SEMEN SEBAGAI MATERIAL LAPIS PONDASI BAWAH PADA DESAIN PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE AUSTROADS 2004

ADE TRIAS SAFRUDIN (2017) UJI LENTUR STABILISASI TANAH COLLUYVIUM DENGAN SEMEN SEBAGAI MATERIAL LAPIS PONDASI BAWAH PADA DESAIN PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE AUSTROADS 2004. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ketersediaan material agregat dari waktu ke waktu semakin berkurang. Keterhatasan dan kesulitan dalam mendapatkan material agregat seringkali dilemui pada pembangunan jalan di wilayah pelosok terutama di daerah pengunungan atau perbukitan, sehingga harus ada alternatif' material yang dapat menggantikan material agregat terutama pada struktur lapis pondasi jalan. Tanah colluvium yang distabilisasi dengan semen dijadikan sebagai alternatif material untuk lapis pondasi bawah jalan. Pada penelitian ini, material tersebut dikaji menggunakan pengujian lentur balok dengan kadar semen yang digunakan sebanyak 5% dari berat total campuran. Sampel uji lentur balok dibuat pada kondisi kadar air optimum (OMC) serta diperam selama 3. 7, 14, dan 21 hari. Hasil pengujian lemur dari material tanah colluvium yang distabilisasi dengan semen berupa nilai modulus lentur digunakan untuk mendesain tebal lapis perkerasan jalan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin lama umur sampel, maka nilai kuat lentur dan modulus lentur akan semakin meningkat pula. Pada desain perkerasan jalan dengan metode Austroads 2004. digunakan nilai modulus lentur sampel berumur 21 hari sebesar 457 MPa sebagai material lapis pondasi bawah dengan tebal 250 mm, material granukr 500 MPa sebagai lapis pondasi alas dengan iebal 175 mm, clan material aspal beton 2000 MPa sebagai lapis permukaan dengan tebal 100 mm.
Katt, kunci : lapis pondasi bawah, perkerasan jalan, tanah colluvium, semen,
stabilisaS tanah

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 31 May 2022 04:05
Last Modified: 31 May 2022 04:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32276

Actions (login required)

View Item
View Item