ALFI FACHRONY (2015) EVALUASI MASTERPLAN DRAINASE PRIMER KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH 2014 (STUDI KASUS DRAINASE JALAN PAKU NEGARA). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (812kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (219kB)
BAB I.pdf
Download (569kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (963kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (202kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (263kB)
Abstract
Saluran drainase adalah salah satu bangunan pelengkap pada ruas jalan dalam memenuhi salah satu persyaratan teknis prasarana jalan. Saluran drainase jalan raya berfungsi untuk mengalirkan air yang dapat mengganggu pengguna jalan, aktivitas perekonornian, bahkan memungkinkan terjadi bencana yang lebih besar hingga merugikan masyarakat setempat baik harta bendy maupun nyawa. Genangan di ruas jalan masih sering terjadi di beberapa kola, seperti yang terjadi pada Ruas Jalan Sultan Syahrir di Kota Pangkalan Bun. Ruas Jalan Sultan Syahrir adalah salah satu ruas jalan yang masih sering mengalami genangan akibat saluran drainase yang tidak dapat menampung ataupun mengalirkan air permukaan. Berdasarkan perencanaan Master Plan dari CV. CITRA MULTI CONSULTANT permasalahan tersebut perlu diidentifikasi penyebab saluran Jalan Sultan Syahrir yang tidak berfungsi optimal agar dapat • ditentukan solusi penyelesaian masalahnya. Metode penelitian dilakukan dengan rnenganalisis tinggi jagaan saluran drainase pada ruas Jalan Sultan Syahrir berdasarkan data rancangan Master Plan CV. CITRA MULTI CONSULTANT dengan software HEC-RAS untuk evaluasi kelayakan rancangan tersebut. Hasil penelitian menunjukan saluran di pias I terdapat tinggi jagaan yang terlalu dalam, kurang dalam dan yang sesuai rancangan'aman), tinggi jagaan pada saluran di pias II dan pias III terlalu dalam melebihi desain rencana, untuk saluran di pias IV terdapat tinggi jagaan yang jugs terlalu dalam dan yang sesuai dengan desain rencana. Saluran pada semua pias sebagian besar memiliki tinggi jagaan yang terlalu dalam ('kurang efisien/boros,) melebihi dari desain yang sudah direncanakan.
krcytn Va►rp•i • nrcliriftro tincrai inarinn (Frpphnard)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 31 May 2022 06:40 |
Last Modified: | 31 May 2022 06:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32294 |