PENGARUH CELAH BUSI NGK STD BERELEKTRODA NIKEL TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR BEAT PGM F-I BERBAHAN BAKAR PERTALITE

DANANG ADI ATMANEGARA (2017) PENGARUH CELAH BUSI NGK STD BERELEKTRODA NIKEL TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR BEAT PGM F-I BERBAHAN BAKAR PERTALITE. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR OUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang otomotif telah
berkembang pesat serta permintaan konsumen untuk meningkatkan performa ikut
bertambah pesat. Usaha yang dapat dilakukan meningkatkan kinerja motor adalah
menyempurnakan sistem pengapian. Salah satu komponen yang memiliki peranan
penting dalam sistem pengapian adalah busi. Pengujian dilakukan untuk
mengetahui karakteristik percikan bunga api, unjuk kerja sepeda motor serta
konsumsi bahan bakar menggunakan sepeda motor HONDA BEAT PGM F-I
dengan busi NGK STD yang dikenakan perlakuan perubahan celah busi 0,6 mm,
0.7 mm: 0,8 mm: 0.9 mm: dan 1,0 mm serta berbahan bakar pertalite.

Pengujian percikan bunga api dilakukan menggunakan alat simulasi
dengan merangkai baterai, cdi, koil, dan busi serta penggerak mula menggunakan
motor listrik. Pada pengujian kinerja motor menggunakan alat dynamometer
sedangakan untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan carauji jalan
sepanjang 5 km dengan kecepatan konstan yaitu berkisar 40 km/Jam.

Hasil pengujian diperoleh pada celah 0,6 mm nilai torsi 12,27 N.m dan
daya 8,3 HP dengan konsumsi bahan bakar sebesar 52,3 km/l, celah 0,7 mm
memperoleh torsi 12,47 N.m, daya 8,2 HP, kosumsi bahan bakar 55,56 km/l,
celah 0,8 mm memperoleh torsi 12,73 N.m, daya 8,3 HP, kosumsi bahan bakar
58,82 km/l, celah 0,9 mm memperoleh torsi 12,66 N.m, daya 8,2 HP, konsumsi
bahan bakar 55,56 Kmil, celah 1,0 mm memperoleh torsi 12,57 N.m, daya 8 HP,
dan konsumsi bahan bakar 53,76 km/i. Dari hasi tersebut dapat disimpulkan
bahwa busi NGK STD pada celah 0,8 mm menghasikan nilai daya, torsi dan
konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan yang lainnya.

Kata kunci: Celah Busi, Torsi, Daya, Pertalite

- xii

»

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:01
Last Modified: 02 Jun 2022 03:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32311

Actions (login required)

View Item
View Item