KARAKTERISTIK PRODUKTIVITAS LISTRIK DARI GENSET BERBAHAN BAKAR BIOGAS DENGAN VARIASI PEMBEBANAN 360 Watt, 420 Watt, 480 Watt, 540 Watt dan 600 Watt

YAHYA (2017) KARAKTERISTIK PRODUKTIVITAS LISTRIK DARI GENSET BERBAHAN BAKAR BIOGAS DENGAN VARIASI PEMBEBANAN 360 Watt, 420 Watt, 480 Watt, 540 Watt dan 600 Watt. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (871kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)

Abstract

Produksi bahan bakar minyak dunia jumlahnya semakin menipis sedangkan kebutuhan energi di dunia tents mengalami peningkatan. Biogas adalah salah satu sumber energi terbarukan yang penting sebagai alternatif untuk mengatasi kelangkaan dan mampu untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar rumah tangga. Teknologi biogas merupakan pilihan yang tepat untuk merubah limbah peternakan sebagai penghasil energi. Pengolahan limbah peternakan ini dilakukan upaya untuk meminimalisir dampak negatif dan mengambil keuntungan serta tetap memperhatikan keseimbangan lingkungan. Pemanfaatan biogas sebagai bioenergi bahan bakar generator pembangkit listrik ini bisa digunakan warga yang memiliki peternakan dengan memanfaatkannya. Penggunaan generator sebagai pembangkit listrik guna untuk penerangan lampu dalam skala rumah tangga yang beim terjangkau oleh aliran listrik (PLN) dan sebagai upaya untuk mengatasi masalah biaya ekonomi di pedesaan. Oleh karena itu kami melakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja generator 2200 Watt berhahan bakar biogas dengan variasi pembebanan 360 Watt, 420 Watt, 480 Watt, 540 Watt dan 600 Watt. Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan dengan memodifikasi pada awalnya generator mengunakan bahan bakar bensin lalu karni inerubahnya dengan mengunkan biogas. Parameter yang karni ambil meliputi RPM, konsumsi bahan bakar dan laju aliran massa bahan bakar biogas. Pada penelitian ini didapatkan ketika generator diberikan pembebanan 360 Watt laju aliran massa biogas sebesar (0,602 kg/jam), dengan daya (336 Watt), ketika pemberian pembebanandan ditingkatkan 600 Watt laju aliran massa biogas mengalami peningkatan sebesar (0,638 kg/jam), dan daya output mencapai (454,4 Watt). Dari data pengujian di atas terlihat bahwa semakin besar beban genset, tegangan yang dihasilkan semakin kecil, sedangkan ants I i striknya semakin besar.
Kata kunci : Biogas, Generator, Biaya, Bioenergi, Listrik
xvi

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:33
Last Modified: 06 Jun 2022 06:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32416

Actions (login required)

View Item
View Item