ASEP SETIYANTO (2004) BIAS JENDER DALAM MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
Halaman Judul.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (223kB)
Bab I.pdf
Download (448kB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (589kB)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (579kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (214kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (66kB)
Abstract
Kesimpulan Peran laki—laki dan perempuan yang bersifat stereotype atau berdasarkan jender dalam pandangan dan sikap masyarakat yang ternyata masih sangat kuat, dalam hal ini menjadi kendala utama bagi kaum wanita yang tersubordinasi untuk mendapatkan kesempatan untuk maju. Perbedaan pandangan dan perlakuan terhadap kaum laki—laki dan perempuan pada umumnya didasarkan pada kodrat wanita dalam mengandung dan mempunyai anak, sehingga dengan keadaan yang sesuai dengan kodrat tersebut seakan—akan ada peran tersendiri yang melekat pada kaum wanita yang hanya berperan disektor domestik yaitu dirumah tangga. Proses sosialisasi dan legitimasi peran dan kedudukan antara laki—laki dengan perempuan yang berbeda tersebut seakan — akan menyebabkan kaum wanita secara internal menghadapi berbagai kendala untuk dapat mernanfaatkan hak—haknya maupun kesempatan yang dapat membuka bagi dirinya. Diera sekarang ini sudah selayaknya tidak ada lagi adanya perbedaan antara laki—laki dengan perempuan disalah satu sudut tertentu atau diberbagai bidang. Perbedaan dan ketidakadilan yang dikonstruksi oleh buday.a sudah selayaknya lepas dari pandangan dan sikap kita, pandangan yang semua itu merugikan dari salah satu pihak, karena sesungguhnya manusia itu sama posisinya dihadapan Allah SWT.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 07:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 07:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32425 |