HIZBA MUHAMMAD ABROR (2022) STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA DAN AMIN ABDULLAH DALAM PEMBARUAN PENDIDIKAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (407kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab I.pdf
Download (155kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (338kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan Islam dalam penerjemahan yang paling sederhana ialah proses pendewasaan manusia dalam rangka menjalani hidup yang sempurna serta mampu menjadi khalifah fil ‘ard dan memiliki kompetensi dari nilai-nilai khayru ummah berlandas pada prinsip Islam, iman, dan ihsan. Pada konteks ini penulis merasa bahwa pada perkembangannya, pendidikan Islam baik pada kelembagaan dan pengembangan pemikirannya ditujukan menghasilkan penyelenggaraan pendidikan yang juga mampu membaca pertanda zaman dan mengentaskan segala problematika kemanusiaan di masyarakat luas. Selain dari pada itu orientasi regenerasi pendidikan ialah melahirkan generasi “agent of rahmatan lil ‘alamiin”. Pembaruan pendidikan Islam menjadi hal yang terus diusahakan secara konsisten dan berkelanjutan. Tidak semata kepentingan eksistensi pendidikan Islam baik secar kelembagaan ataupun dirinya sendiri, melainkan sejatinya ia mampu menjelma menjadi pendidikan yang rahmatan lil alamiin dan melahirkan generasi-generasi khayru ummah. Maka dari itu penulis merasa perlu dilakukan perombakan dalam strukturisasi pendidikan Islam tidak hanya pada kerangka berpikir namun sampai tataran kelembagaan. Dari permasalahan tersebut penulis mendapati sebagai Langkah awal dalam menjawab tantangan ini perlu untuk kemudian kembali mengkaji pemikiran-pemikiran khususnya dalam kajian pendidikan Islam. Tokoh intelektual Indonesia yang memiliki corak pemikiran yang sama sekaligus praktisi dalam pendidikan, yakni; Azyumardi Azra dan Muhammad Amin Abdullah. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengurai pemikiran Azyumardi Azra dan Amin Abdullah mengenai pembaruan Pendidikan Islam. Menggunakan metode library research peneliti mengumpulkan data melalui berbagai sumber primer maupun sekunder. Adapun hasil yang didapatkan adalah pembaruan pendidikan Islam perlu memiliki cakupan, antara lain; paradigma dan kelembagaan. Dalam sisi yang laim pembaruan juga diupayakan dalam reintegrasi epistemologi ilmu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ISLAMIC EDUCATION, AZYUMARDI AZRA, AMIN ABDULLAH, INNOVATION |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 08:29 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 08:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32449 |