PROFESIONALISME GURU-GURU YANG MENDAPATKAN TUNJANGAN PROFESI DI LINGKUNGAN UPT TK DAN SD KECAMATAN KARANGMOJO

ANDANG NUGROHO (2010) PROFESIONALISME GURU-GURU YANG MENDAPATKAN TUNJANGAN PROFESI DI LINGKUNGAN UPT TK DAN SD KECAMATAN KARANGMOJO. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Profesionalisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu
keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan
dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian.

Skripsi ini untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan para guru yang
mendapat tunjangan profesi tersebut mengetahui tentang persyaratan untuk
mendapatkan tunjangan profesi dan peningkatan apa saja yang dilakukan.

Adapun guru profesional itu sendiri adalah guru yang berkualitas,
berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta
mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang nantinya akan
menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Profesionalisme guru yang
diteliti meliputi Pengetahuan tentang Ketantuan mendapatkan tunjangan profesi,
Pengetahuan tentang guru profesional dan juga peningkatan apa saja yang dilakukan
setelah mendapat tunjangan profesi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian gualitatif. Dalam penelitaian ini
penulis menggunakan metode penelitian populasi dengan mengambil subyek guru-
guru yang mendapat tunjangan profesi pada tahap pertama dan kedua di UPT TK dan
SD Kecamatan Karangmojo. Metode pengumpulan data menggunakan metode
wawancara dan angket untuk menggali informasi yang dibutuhkan pada subyek
penelitian serta metode dokumentasi untuk mengetahui profil UPT TK dan SD
Kecamatan Karangmojo.

Pada dasarnya secara teoritis para guru mampu menjelaskan bagaimana konsep
untuk mendapatkan tunjangan profesi. Mereka mampun untuk menjabarkan tentang
Undang-undang yang berkaitan dengan hal tersebut dan juga bagaimana cara untuk
mendapatkan sertifikasi guru.

Tunjangan profesi telah menberikan dorongan sehingga para guru lebih
berdedikasi untuk malaksanakan tugasnya sebagai seorang guru dengan penuh
tanggungjawab. Dengan mendapatkan tunjangan profesi maka dengan sendirinya
menuntut mereka untuk berbuat yang lebih baik lagi hari demi hari.

Peningkatan kinerja dapat dilihat dari peningkatan dalam tertib administrasi dan
juga kedisiplinan dalam malaksanakan pembelajaran. Perhatian mereka kepada anak
didik juga semakin meningkat. Pemberian motifasi kepada anak didik juga
merupakan peningkatan yang berarti. Tunjangan ini juga memberikan semangat
kepada guru yang belum mendapatkan tunjangan profesi untuk segera mendapatkan
tuniangan itu apar danat meninokatkan taraf bad maraka

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:55
Last Modified: 24 Jun 2022 01:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32517

Actions (login required)

View Item
View Item