BASUKI RAHMAT (2017) PENGARUH PENGGUNAAN CDI PREDATOR TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN KINERJA MOTOR HONDA BEAT 110 CC TAHUN 2009 BERBAHAN BAKAR PERTALITE. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (215kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (296kB)
BAB I.pdf
Download (847kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (465kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Sistem pengapian pada sepeda motor memiliki peranan penting. Sistem
pengapian pada sepeda motor saat ini kebanyakan dibuat menggunakan sistem
pengapian CDI (Capasitor Discharge Ignition) yang memiliki limiter. CDI limiter
memiliki batasan dalam memercikkan bunga api didalam silinder saat
pembakaran. Pertalite adalah salah satu jenis bahan bakar yang digunakan sebagai
bahan bakar pada sepeda motor dan mempunyai kualitas bahan bakar yang lebih
dengan RON (Research Oktan Number) 90. Peranan penting dalam kinerja motor
selain dari sistem pengapian yaitu bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi
juga menentukan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bahan
bakar terbakar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan CDI]
predator tethadap karakteristik percikan bunga api dan kinerja motor Honda Beat
110 cc tahun 2009 berbahan bakar pertalite.
Penelitian ini menggunakan metode experimental. Pengujian dilakukan
menggunakan sepeda motor Honda Beat tahun 2009 dengan kapasitas mesin 110
ce transmisi automatic berbahan bakar Pertalite. Pengujian percikan bunga api
menggunakan alat percikan bunga api putaran motor listrik sebesar 3000 rpm.
Pengujian torsi dan daya menggunakan dynamometer. Metode dalam uji konsumsi
bahan bakar menggunakan tangki mini dengan kecepatan maksimum 30-35
km/jam pada jarak 4 km di sirkuit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CDI Predator Dual Map memiliki
nilai transfer panas yang lebih baik dibandingkan CDI standar pada sepeda motor
Honda Beat 110 Ce, terjadi penurunan torsi pada penggunaan CDI Map | sebesar
2,07% (9,65 N.m), terjadi peningkatan daya pada penggunaan CDI Predator Map
| sebesar 2,7% (7,4 HP), dan hasil penggunaan CDI Map 2 lebih rendah 3,75%
dari penggunaan CDI standar, dengan nilai konsumsi bahan bahan bakar 55,01
Km/1.
Kata kunci : CDI Predator, Torsi, Daya, Percikan bunga api
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 07:05 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 07:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32540 |