PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KG UMY TAHUN PERTAMA SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN MEDIA AJAR “TOOTH MORPHOLOGY BOARD GAME”

BELLA RIZQIA ARDHANI (2017) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KG UMY TAHUN PERTAMA SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN MEDIA AJAR “TOOTH MORPHOLOGY BOARD GAME”. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Dasar dalam kurikulum kedokteran gigi pre-klinik, pengetahuan
anatomi mengenalkan siswa pada karakteristik anatomi gigi dan morfologi gigi
permanen dan gigi susu. Salah satu pencapaian mahasiswa kedokteran gigi pada
tingkat dasar adalah mahasiswa memperoleh pengetahuan kedokteran gigi dasar
untuk dapat mengidentifikasi gigi, mengenali dan mendiagnosa anomali gigi, dan
mengobati atau mengelola patologi gigi, yang mana itu merupakan pengetahuan
dasar pada semua aspek praktek dokter gigi. Dari data pre penelitian yang telah
diperoleh, presentase kelulusan OSCE pada blok kedokteran gigi dasar dalam
station identifikasi gigi di UMY hanya 65,48% untuk angkatan 2013, dan 58.08%
untuk angkatan 2015. Hal ini dirasa masih kurang mengingat morfologi gigi
merupakan ilmu dasar yang wajib dipahami oleh calon dokter gigi. Tujuan
penelitian: Untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan mahasiswa KG
UMY tahun pertama sebelum dan sesudah penggunaan media ajar “Tooth
Morphology Board Game”.

Metode Penelitian: Penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal pretest dan
posttest pada mahasiswa kedokteran gigi UMY tahun pertama sebelum dan
sesudah permainan.

Hasil Penelitian: Dari 30 sampel, sebanyak 27 sampel (90%) mengalami
peningkatan nilai pretest dan posttest, dan 2 sampel (6.67%) mengalami
penurunan nilai pretest dan posttest, serta 1 sampel (3.33%) tidak mengalami
peningkatan ataupun penurunan nilai pretest dan posttest. Nilai rata-rata nilai
pretest sebesar 59.56 dan rata-rata nilai posttest sebesar 73.16.

Kata Kunci: Board Game, Morfologi gigi

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:12
Last Modified: 24 Jun 2022 07:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32541

Actions (login required)

View Item
View Item