NILAI-NILAI ISLAM DALAM PROSES BIMBINGAN DAN KONSELING STUDY DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL

DANDY ALFARIDZI (2018) NILAI-NILAI ISLAM DALAM PROSES BIMBINGAN DAN KONSELING STUDY DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)

Abstract

ABSTRAK

Bimbingan dan konseling di sekolah merupakan bagian integral dari sistem pendidikan
nasional. Dalam bimbingan dan konseling Islam ada yang merupakan nilai dasar utama bagi
setiap manusia, dengan nilai-nilai Islam dapat membuat manusia memiliki panduan dalam
menjalani kehidupan mereka, tetapi manusia tidak sepenuhnya menjalankan prinsip hidup
dengan nilai-nilai Islam. Penerapan nilai-nilai Islam di sekolah dapat menjadi patokan bagi
siswa untuk menjadi semakin dan terus menjadi lebih baik. Salah satu hal yang membuat siswa
lebih baik adalah ketika siswa dapat melaksanakan nilai-nilai Islam dengan baik, terutama
ketika mereka di sekolah. Nilai-nilai Islam dikaitkan dengan psikologi yang mampu mendorong
masalah yang dihadapi oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai
Islam dalam proses bimbingan dan konseling di MTs Muhammadiyah Kasihan Bantul. Adapun
pendekatan kualitatif deskriptif penelitian ini diarahkan untuk memberikan gejala dan fakta,
atau peristiwa yang sistematis dan akurat. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi, Tolok ukur kedisiplinan siswa di Muhammadiyah mts
Kasihan Bantul dapat dilihat dari nilai-nilai Islam yang tertanam di dalam diri siswa itu sendiri.
Semakin banyak penyerapan dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Islam, semakin disiplin

siswa di MTS Muhammadiyah.

Kata kunci: nilai-nilai Islam, siswa, proses bimbingan dan konseline.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 25 Jun 2022 02:06
Last Modified: 25 Jun 2022 02:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32550

Actions (login required)

View Item
View Item